KOP MADRASAH
PENGESAHAN
Nomor : 009/MI-NU/VII/2011
Setelah mempertimbangkan masukan Komite Madrasah, Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) Nurul Ulum Semarang Tahun Pelajaran 2011 / 2012 ditetapkan berlaku terhitung mulai tanggal 11 Juli 2011.
Pada akhir tahun pelajaran, pelaksanaan kurikulum ini akan dievaluasi dan / atau ditinjau ulang yang hasilnya akan digunakan sebagai dasar dalam melakukan penyusunan dan penetapan KTSP untuk tahun berikutnya.
Ditetapkan di : Semarang
Pada Tanggal : 11 Juli 2011
Komite Madrasah Kepala MI Nurul Ulum
Mas’ud Usman Djamaluddin Fuaidy, S.Pd. I
NIP. - NIP.
Mengetahui
A.n Kepala kantor Kementrian Agama
Kota Semarang
Kasi Mapenda Islam
H. Imron Rosadi, S.Pd.I
19590530 198203 1 002
i
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang senantiasa memberikan Taufiq dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita dapat melaksanakan tugas-tugas kependidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Semarang. Saat ini kami telah menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan tahun 2012.
Kurikulum ini berfungsi sebagai pedoman sekaligus penunjang kerja para guru dalam proses pembelajaran di MI Nurul Ulum agar para guru mempunyai arah dan tujuan yang jelas dalam menstranfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik Di samping itu guru akan semakin profesional mengingat keberadaannya sebagai agen pembelajaran bagi peserta didik sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan martabat serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan budaya.
Mengingat pentingnya kurikulum satuan pendidikan tersebut, maka kami menerbitkan buku Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini untuk membantu para tenaga pendidik yang bertugas mengajar, membimbing dan melatih peserta didik untuk memenuhi kebutuhan maupun menambah ilmu pengetahuan di bidang pendidikan.
Kami menyadari sepenuhnya dalam penyusunan kurikulum ini tentunya masih terdapat kekurangan baik materi maupun penyajiannya, oleh karena itu dengan segala kerendahan hati kami mengharapkan saran dan kritik dari segenap pembaca demi sempurnanya kurikulum ini.
Semarang, 11 Juli 2011
Kepala MI Nurul Ulum
Djamaluddin Fuaidy, S.Pd.I
NIP.
ii
DAFTAR ISI
Halaman Pengesahan ..................................................................................................................
Kata Pengantar ...........................................................................................................................
Daftar Isi ....................................................................................................................................
BAB I. PENDAHULUAN............................................................................................
A. Rasional .......................................................................................................
B. Landasan Hukum ........................................................................................
C. Pengertian ....................................................................................................
BAB II. VISI, MISI, DAN TUJUAN MADRASAH ………………………………
A. Visi Madrasah ………………………………………………………….
B. Misi Madrasah ………………………………………………………….
C. Tujuan Madrasah ………………………………………………………..
BAB III. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
BAB IV. STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM .............................................
A. Struktur Kurikulum .................................................................................
1. Komponen Mata Pelajaran ....................................................................
2. Komponen Muatan Lokal .....................................................................
3. Komponen Pengembangan Diri ............................................................
4. Struktur Kurikulum ...............................................................................
5. Beban Belajar ........................................................................................
B. Muatan Lokal ............................................................................................
1. Tujuan ...................................................................................................
2. Ruang Lingkup ......................................................................................
BAB IV. Kriteria- kriteria ..............................................................................................
1. Ketuntasan Belajar .......................................................................................
2. Kenaikan Kelas ...........................................................................................
3. Kelulusan .....................................................................................................
BAB V. Kalender Pendidikan ......................................................................................
BAB VI. Silabus .............................................................................................................
BAB VII. Penutup .............................................................................................................
0 komentar:
Posting Komentar