KOP MADRASAH



PENGESAHAN
Nomor : 009/MI-NU/VII/2011




                        Setelah mempertimbangkan masukan Komite Madrasah, Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) Nurul Ulum Semarang Tahun Pelajaran 2011 / 2012 ditetapkan berlaku terhitung mulai tanggal 11 Juli 2011.
                        Pada akhir tahun pelajaran, pelaksanaan kurikulum ini akan dievaluasi dan / atau ditinjau ulang yang hasilnya akan digunakan sebagai dasar dalam melakukan penyusunan dan penetapan KTSP untuk tahun berikutnya.







                                                                                                Ditetapkan di    : Semarang
                                                                                                Pada Tanggal  : 11 Juli 2011

                                                                       
            Komite Madrasah                                                       Kepala MI Nurul Ulum



Mas’ud Usman                                                           Djamaluddin Fuaidy, S.Pd. I
NIP. -                                                                          NIP.





Mengetahui
A.n Kepala kantor Kementrian Agama
Kota Semarang
Kasi Mapenda Islam






H. Imron Rosadi, S.Pd.I
19590530 198203 1 002

i
KATA PENGANTAR

             

                    Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang senantiasa memberikan Taufiq dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita dapat melaksanakan tugas-tugas kependidikan di  Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Semarang. Saat ini kami telah menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan tahun 2012.
                    Kurikulum ini berfungsi sebagai pedoman sekaligus  penunjang kerja para guru dalam proses pembelajaran di MI Nurul Ulum agar para guru mempunyai arah dan tujuan yang  jelas  dalam menstranfer  ilmu pengetahuan  kepada  peserta  didik   Di samping itu guru akan semakin profesional mengingat keberadaannya sebagai  agen  pembelajaran  bagi peserta didik sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan dan  meningkatkan martabat serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan budaya.
                      Mengingat pentingnya kurikulum  satuan pendidikan tersebut, maka kami menerbitkan buku Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini untuk  membantu  para  tenaga pendidik yang bertugas mengajar, membimbing dan melatih peserta didik untuk memenuhi kebutuhan maupun menambah ilmu pengetahuan di bidang pendidikan.
                       Kami menyadari sepenuhnya dalam penyusunan kurikulum ini tentunya masih terdapat kekurangan baik materi maupun penyajiannya, oleh karena itu dengan segala kerendahan hati kami mengharapkan saran dan kritik dari segenap pembaca demi sempurnanya kurikulum ini.




Semarang,   11 Juli  2011
Kepala  MI Nurul Ulum



Djamaluddin Fuaidy, S.Pd.I
NIP.







ii

DAFTAR ISI

Halaman Pengesahan ..................................................................................................................
Kata Pengantar ...........................................................................................................................
Daftar Isi ....................................................................................................................................

BAB    I.          PENDAHULUAN............................................................................................
A.    Rasional .......................................................................................................
B.     Landasan Hukum ........................................................................................
C.     Pengertian ....................................................................................................
BAB    II.        VISI, MISI, DAN TUJUAN MADRASAH  ………………………………
A.    Visi Madrasah  ………………………………………………………….
B.      Misi Madrasah ………………………………………………………….
C.     Tujuan Madrasah ………………………………………………………..
BAB    III.       STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
BAB    IV.       STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM .............................................
A.    Struktur Kurikulum .................................................................................
1.      Komponen Mata Pelajaran ....................................................................
2.      Komponen Muatan Lokal .....................................................................
3.      Komponen Pengembangan Diri ............................................................
4.      Struktur Kurikulum ...............................................................................
5.      Beban Belajar ........................................................................................
B.     Muatan Lokal ............................................................................................
1.      Tujuan ...................................................................................................
2.      Ruang Lingkup ......................................................................................
BAB    IV.       Kriteria- kriteria ..............................................................................................
1.      Ketuntasan Belajar .......................................................................................
2.       Kenaikan Kelas ...........................................................................................
3.      Kelulusan .....................................................................................................
BAB    V.        Kalender Pendidikan ......................................................................................
BAB    VI.       Silabus .............................................................................................................          
BAB    VII.     Penutup .............................................................................................................