Lagi-lagi terjadi kecelakaan pesawat (9/5/2012, 14:30). Pesawat Rusia yang terkenal dengan pesawat Sukhoi kini mengalami nasib apes. Entah karena human error atau karena masalah alam yang tidak bersahabat kita tunggu dari pihak terkait. Rusia, walaupun menjadi negara super power tetapi kalau dalam hal kecelakaan pesawat tidak mau kalah dengan Indonesia. Di Rusia sering terjadi kecelakaan pesawat di Indonesia juga sama.

Aspek alam kemungkinan besar menjadi penyebab jatuhnya pesaat Sukhoi Super Jet 100 tersebut. Karena pada saat kecelakaan disana cuaca begitu buruk. Hujan deras dengan awan yang pekat sudah diperkirakan oleh BMKG sejak pagi hari. Sekitar 44 orang diperkirakan tewas dalam kejadian tersebut.

Dalam perang dingin selalu diperbandingkan antara teknologi buatan Rusia dengan teknologi buatan Amerika Serikat. Dalam hal ini, Saya benar-benar yakin bahwa orang-orang Amerika pasti sedang memaki-maki mainan Rusia ini yang jatuh di Jawa Barat. Bagaimana mereka saling serang mengenai teknologi bukan hal yang asing antara kedua negara tersebut.

Pesawat tersebut datang ke Indonesia dalam rangka demo terbang kepada para pembeli dan calon pembeli pesawat yang ada di Indonesia. Penerbangan tersebut merupakan bagian dari demo ke enam negara asia seperti Pakistan, Myanmar, Kazakhstan, Laos, dan Vietnam.

Gunung salak memang terdengar merupakan tempat yang angker, dari waktu kewaktu Gunung Salak menjadi pusat perhatian karena banyaknya kecelakaan yang terjadi disana. Baik itu yang berupa pendakian maunpun berupa pesawat yang jatuh. Mungkin kalau orang yang percaya dengan dunia mistis akan menganggap hal itu terjadi karena Gunung Salak memilik penunggu, baaik itu hatu, jin, setan dan sebagainya.

Namun apapun itu alasannya mengapa gunung salak itu begitu angker yang tahu hanya tuhan saja. Kita sebagai manusia hanya bisa berpikir rasional sesuai dengan pola pikir manusia modern. Bukan mengkaitkan dengan hal yang tidak rasional. Segala sesuatunya kita serahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, hanya dialah yang mengetahui segala gejala-gejala yang ada di alam ciptaan-NYA.

Ada yang lebih berharga ketimbang hanya mengkaitkan hal-hal terjadinya kecelakaan dengan yang tidak masuk akal yaitu dengan mengambil pelajaran. Sudah saaatny para stake holder dibidang penerbangan berbenah diri untuk menjadikan hari esok lebih baik. Transportasi udara tidak boleh dibuat main-main, karena kesalahan sedikit saja akan fatal akibanya yakni kecelakaan yang mungkin banyak menimbulkan banyak korban jiwa. Berbeda degan trasnportasi darat atau perairan yang walaupun lengah sedikit tapi kemungkinan untuk selamat juga besar( tetapi lengahnya jangan terlalu keterlaluan).
Gambar Pesawat Sukhoi, sumber : http://sergeydolya.livejournal.com  
Gambar Pesawat Sukhoi, sumber : http://sergeydolya.livejournal.com  
Gambar Pesawat Sukhoi, sumber : http://sergeydolya.livejournal.com 
Gambar Pesawat Sukhoi, sumber : http://sergeydolya.livejournal.com 
Gambar Pesawat Sukhoi, sumber :  http://sukhoi.org/eng  
Gambar Pesawat Sukhoi, sumber :  http://sukhoi.org/eng