DAFTAR ISI


KataPengantar……………………………………………………………………i
Daftar isi…………………………………………………………………………ii

BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………..1
    1. Latar Belakang………………………………….……………........1
    2. Tujuan…………………………………………….……………   ..2
BAB II TINJAUAN PUSTAKA………………………………………………3
A.     Pengertian IPTEK ………………………………………………3
B.     Landasan FILOSOFIS…………………………………………...4
C.     Hakekat SAINS…………………………………………………..4
BAB III PEMBAHASAN………………………………………………………6
     A.Dampak perkembangan IPTEK Bagi kehidupan  manusia…............6
    B.Dampak IPTEK Pada Bidang Teknologi Informasi ……...….……...9.
    C. Makna Dan perkembangan Kejahatan Mayantara………….….......12
D. Bentuk-bentuk kejahatan mayantara………………………………..18
BAB III PENUTUP………………………………………..……………….…26
A. Kesimpulan…………………………………….……………………26
B. Saran…………………………………………………………………26

BAB I
PENDAHULUAN



1.1. Latar Belakang

       Psikologi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mengkaji tingkah laku individu dan lingkungannya. Pengertian psikologi sampai saat ini masih dalam posisi keberagaman pendapat. Perbedaan para ahli mengenai pengertian psikologi didasarkan pada perbedaan titik tolak para ahli dalam mempelajari dan membahas kejiwaan yang sangat kompleks. Itulah sebabnya sangat sukar ditentukan suatu rumusan pengertian psikologi.  
          
1.2. Tujuan

      
Studi psikologi sangat berkaitan erat pada kehidupan kita sehari-hari. Psikologi sebagai ilmu jiwa, berperam dalam menganalisis kejiwaan setiap individu yang berinteraksi dengan lingkungannya. Sedangkan, terdapat keberagaman pendapat para ahli tentang pengertian psikologi. Dalam hal ini kita perlu mengkaji lebih dalam pengertian psikologi dari berbagai bidang kehidupan masyarakat.

BAB II
PEMBAHASAN


2.1. Pengertian Psikologi secara istilah dan bahasa
Menurt bahasa psikologi berasal dari bahasa yunani, psyche yang artinya jiwa dan logos artinya ilmu pengetahuan. Jadi menurut bahasa psikologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, prosesnya maupun latar belakangnya.

2.2. Psikologi Sebagai Ilmu Pengetahuan
Psikologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan pada tahun 1800-an yaitu sewaktu wilhem wundt mendirikan laboratorium psikologi pertama dunia(1879 M) di University of Leipzig, Jerman. Dengan berdirinya laboratorium ini yg menggunakan metode ilmiah untuk memahami manusia. Yang mana setiap ilmu pengetahuan harus menggunakan metode yang ilmiah. syarat tersebut menguatkan bahwa psikologi sebagai ilmu pengetahuan terpenuhi. Sehingga pada tahun berdirinya laboratorium ini diakui sebagai tahun berdirinya pesikologi sebagai ilmu pengetahuan
.Begitu juga metode psikoterapi atau dikenal dengan nama psikoanalisis yang dikembangkan oleh seorang dokter berkebangsaan Austria bernama Sigmund Freud yg melanjutkan pemgembangan psikologi sebagai ilmu pengetahuan.

2.3. Fungsi Psikologi sebagai Ilmu
 Tiga fungsi psikologi sebagai ilmu yaitu:
·        menjelaskan, yaitu mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasilnya penjelasan berupa deskripsi atau bahasan yang bersifat deskriptif.
·        memprediksikan, yaitu mampu meramalkan atau memprediksikan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasil prediksi berupa prognosa, prediksi atau estimasi
·      pengendalian, yaitu mengendalikan tingkah laku sesuai dengan yang diharapkan. Perwujudannya berupa tindakan yang sifatnya preventif atau pencegahan, intervensi atau treatment serta rehabilitasi atau perawatan.


 2.4. Definisi Para Ahli Tentang Psikologi
Banyak para ahli yang merumuskan pengertian psikologi, antara lain     sebagai berikut:

1. Menurut Dr. singgih dirgagunarsa
 Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku.

2. Plato dan Aristoteles
    Psikologi ialah ilmu peng etahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa
    serta prosesnya sampai akhir.

3. John Broadus Wasto.
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku tampak
(lahiriah) dengan menggunakan metode observasi yang objektif terhadap rangsangan dan jawaban (respon)

4. Wilhelm Wundt
Psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul dalam diri manusia, seperti penggunaan pancaindera, pikiran, perasaan, dan kehendak.
 
5. Woodworth dan Marquis
Psikologi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari aktivitas individu sejak masih dalam kandungan sampai meninggal dunia dalam hubungannya dengan alam sekitar.

6. Knight dan Knight
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari secara sistematis tentang pengalaman dan tingkah laku manusia dan hewan, normal dan abnormal, individu dan social
.
7. hilgert
    Psikologi mempelajari tingkah laku manusia dan hewan lainnya.

8. Ruch
Psikologi mempelajari tentang manusia. Definisi ini terlalu meluas, yang paling tepat psikologi merupakan bagian dari ilmu-ilmu biologi dan ilmu sosial, yang saling melengkapi, dan saling berhubungan
.
9. Clifford T.Morgan
    Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hewan.

10. Edwin G.Boring and Herbert S.Langfeld
      Psikologi adalah studi tentang hakikat manusia.

11. Garden Murphy
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari respons yang diberikan oleh makhluk hidup terhadap lingkungannya.


Pengertian psikologi diatas menumjukkan beragamnya pendapat para ahli psikologi. Tetapi dari semua itu bisa disimpulkan. Bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari semua tingkah laku dan perbuatan individu dimana individu tersebut tidak dapat dilepaskan dari lingkungannya.

2.5. Unsur-unsur Psikologi
1.Tingkah laku atau perbuatan
Tingkah laku lebih mudah dipelajari daripada jiwa dan melalui tingkah laku, kita dapat mengenal seseorang. Tingkah laku disini adalah perbuatan-perbuatan yang terbuka maupun tertutup. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang dapat diketahui secara langsung dari orang yang bersangkutan, misalnya berbicara bercakap-cakap, dan sebagainya. Tingkah laku tertutup adalah tingkah laku yang hanya dapat diketahui secara tidak langsung melalui alat-alat atau metode khusus, misalnya berpikir, sedih, berkhayal, bermimpi, takut, dan sebagainya.

2. Manusia
Manusia adalah makhluk yang sangat kompleks dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya. Manusia paling berkepentingan dengan ilmu psikologi. Manusia membutuhkang ilmu ini dalam berbagai segi kehidupannya, misalnya di sekolah, kantor, rumah tangga, dan sebagainya.

3. Lingkungan
Lingkungan yaitu tempat manusia hidup, menyesuaikan dirinya(beradaptasi), dan mengembangkan dirinya. Berbeda dengan makhluk lainnya didunia ini, manusia tidak diciptakan berbulu tebal untuk melawan udara dingin, tidak bertaring untuk membunuh mangsanya, dan tidak berlari cepat untuk menghindar dari musuhnya, tetapi manusia mempunyai alat yang tangguh yang menyebabkan ia dapat bertahan hidup didunia ini. Alat itu adalah akal budi. Dengan akal budi manusia dapat menyusun simbol-simbol yang berupa bahasa, kesenian, ilmu pengetahuan, agama, dan sebagainya. Dengan simbol itulah manusia dapat menguasai dunianya..

BAB III
PENUTUP


3.1. Kesimpulan
Dari berbagai pemikiran yang dianalisis oleh para ahli yang diuraikan didalam makalah ini, kami simpulkan bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari semua tingkah laku dan perbuatan individu, dimana individu tersebut tidak dapat dilepaskan dari lingkungannya.                      .

3.2. Saran
Ilmu psikologi sangat berkaitan dengan interaksi individu dan lingkungan sosialnya. Semoga dengan mengkaji psikologi khususnya pada lini pengertian dan pendapat para ahli tentang psikologi kita dapat memahami pengertian psikologi dan menambah ilmu tentang psikologi. Serta pada akhirnya kita semua dapat menerapkan pengetahuan psikologi tersebut dalam interaksi kita dengan lingkungan

DAFTAR PUSTAKA


Fauzi, Ahmad, 1999. Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia
Sarwono Sarlito W. Pengantar Psikologi Umum. Rajawali Pers.
Rahman Shaleh, Abdul. Psikologi. Kencana Prenada Media Group.
Baraja, Abubakar. Psikologi Perkembangan. Studia Press.