Tutorial membuat gambar kerja rumah sederhana dengan autocad ini saya
buat tentu saja supaya anda bisa membuat gambar kerja. LOL (maaf
bercanda). Setidaknya semoga saja ada yang bisa jadi tambahan skill
menggambar anda.
Berikut coba saya jabarkan secara singkat bagaimana tahapan dan aplikasi dasar dalam membuat gambar kerja 2D secara sederhana. Gambar yang saya pakai adalah rumah tipe 21 m2 yang notabene ukuran rumah terkecil yang umumnya dibuat. Walaupun ukurannya cenderung mini, tapi saya rasa sudah mencakup semua aspek dalam standar gambar kerja (sekadar sepengetahuan saya tentunya).
Pengertian gambar kerja.
Berikut coba saya jabarkan secara singkat bagaimana tahapan dan aplikasi dasar dalam membuat gambar kerja 2D secara sederhana. Gambar yang saya pakai adalah rumah tipe 21 m2 yang notabene ukuran rumah terkecil yang umumnya dibuat. Walaupun ukurannya cenderung mini, tapi saya rasa sudah mencakup semua aspek dalam standar gambar kerja (sekadar sepengetahuan saya tentunya).
|
Pengertian gambar kerja.
Dalam dunia konstruksi bangunan (terutama rumah tinggal), fungsi gambar
kerja adalah sebagai pedoman pelaksanaan di lapangan (gampangnya itu
gambar buat pedoman tukang bekerja).
Kalau yang biasanya sibuk diurusi pemilik rumah adalah gambar pra rencana (denah dan tampak).
Soalnya kenapa?
Denah menggambarkan bagaimana rumah tersebut mempunyai fungsi guna seperti yang direncanakan owner (pemilik). Tampak mencerminkan gaya/style/model/aliran rumah tersebut.
Dan kenapa pula gambar kerja jarang diurusi owner? Karena gambar itu memang peruntukannya untuk tukang dan pelaksana di lapangan. Kalaupun owner memaksakan ikut membaca, paling juga (maaf) dia tidak paham dan tidak akan mengerti. Gamblangnya kalaupun dia baca juga tidak terlalu berpengaruh untuknya.
1. Denah dan siteplan rumah.
Sebelumnya saya sarankan, anda sudah memahami dasar menggambar dengan autocad, jadi yang saya tulis disini hanya mengenai tahapan kasar menggambarnya saja.
Sebelum ke proses menggambar, silakan baca dulu paparan saya tentang denah rumah (sebatas sepengetahuan saya tentunya, jadi maaf kalo kurang atau ngelantur :P).
Denah rumah adalah hal pertama yang harus dibuat dan di-fix-kan se fix-fix nya. Kenapa? Karena bila katakanlah gambar telah selesai sampai tahap terakhir dan ternyata ada revisi, itu berarti anda harus merubah semua gambar. Jadi usahakan tahap denah rumah, siteplan dan tampak selesai dulu.
Walaupun dalam gambar kerja jumlah lembarnya paling sedikit, tapi karena esensi gambar ada di 3 hal diatas, inilah yang membuat tahap tersebut paling lama prosesnya.
Bahan baku awal yang diperlukan adalah:
a. Ukuran tanah
b. Kebutuhan ruangan (jumlah penghuni, peruntukan)
c. Tema rumah
d. Ukuran luas akhir bangunan kira-kira.
Tahapan kasar dalam merencanakan bangunan
a. Awal penggambaran biasanya dimulai dari menggambar site layout.
Kalau yang biasanya sibuk diurusi pemilik rumah adalah gambar pra rencana (denah dan tampak).
Soalnya kenapa?
Denah menggambarkan bagaimana rumah tersebut mempunyai fungsi guna seperti yang direncanakan owner (pemilik). Tampak mencerminkan gaya/style/model/aliran rumah tersebut.
Dan kenapa pula gambar kerja jarang diurusi owner? Karena gambar itu memang peruntukannya untuk tukang dan pelaksana di lapangan. Kalaupun owner memaksakan ikut membaca, paling juga (maaf) dia tidak paham dan tidak akan mengerti. Gamblangnya kalaupun dia baca juga tidak terlalu berpengaruh untuknya.
1. Denah dan siteplan rumah.
Sebelumnya saya sarankan, anda sudah memahami dasar menggambar dengan autocad, jadi yang saya tulis disini hanya mengenai tahapan kasar menggambarnya saja.
Sebelum ke proses menggambar, silakan baca dulu paparan saya tentang denah rumah (sebatas sepengetahuan saya tentunya, jadi maaf kalo kurang atau ngelantur :P).
Denah rumah adalah hal pertama yang harus dibuat dan di-fix-kan se fix-fix nya. Kenapa? Karena bila katakanlah gambar telah selesai sampai tahap terakhir dan ternyata ada revisi, itu berarti anda harus merubah semua gambar. Jadi usahakan tahap denah rumah, siteplan dan tampak selesai dulu.
Walaupun dalam gambar kerja jumlah lembarnya paling sedikit, tapi karena esensi gambar ada di 3 hal diatas, inilah yang membuat tahap tersebut paling lama prosesnya.
Bahan baku awal yang diperlukan adalah:
a. Ukuran tanah
b. Kebutuhan ruangan (jumlah penghuni, peruntukan)
c. Tema rumah
d. Ukuran luas akhir bangunan kira-kira.
Tahapan kasar dalam merencanakan bangunan
gambar skematika layout |
b. Trus dilanjut membuat Planning kasarnya. Sesuaikan dengan kebutuhan
yang diinginkan (fungsi bangunan, jumlah penghuni, dll).
Tahap ini biasanya yang perlu didahulukan adalah zona untuk hal yang prioritas.
Misalnya, sebelum bikin rumah, si owner sudah punya Subaru Impressa (mobil ama rumahnya mahalan mana nih?), trus dia minta “yg penting impressa saya bisa masuk!”.
So, kalo begitu anda tentuin dulu zoning buat carpot (sebaiknya ukuran mobil juga perlu diketahui agar tidak salah desain). Dan begitu seterusnya sampai ke prioritas yang terakhir.
c. Setelah itu dibuat dulu kotak-kotak untuk zoning yang diinginkan. Usahakan ukuran ruangnya proporsional dan “manusiawi”. Misal untuk kamar tidur, ukuran 2,5 m2 mungkin tergolong sempit. 2,75 m2 agak longgar. 3 m2 lumayan nyaman. 4m2 homy. Kalo 2 m2 (?).
Tahap ini biasanya yang perlu didahulukan adalah zona untuk hal yang prioritas.
Misalnya, sebelum bikin rumah, si owner sudah punya Subaru Impressa (mobil ama rumahnya mahalan mana nih?), trus dia minta “yg penting impressa saya bisa masuk!”.
So, kalo begitu anda tentuin dulu zoning buat carpot (sebaiknya ukuran mobil juga perlu diketahui agar tidak salah desain). Dan begitu seterusnya sampai ke prioritas yang terakhir.
c. Setelah itu dibuat dulu kotak-kotak untuk zoning yang diinginkan. Usahakan ukuran ruangnya proporsional dan “manusiawi”. Misal untuk kamar tidur, ukuran 2,5 m2 mungkin tergolong sempit. 2,75 m2 agak longgar. 3 m2 lumayan nyaman. 4m2 homy. Kalo 2 m2 (?).
Cara mudahnya, sambil berimajenasi, anda bisa melihat langit-langit di
atas (khusus asbes). Ukuran langit-langit asbes yang umum adalah 1 x 1
m2, jadi bisa digunakan untuk memperkirakan ukuran yang ideal.
Atau kalau ingin lebih presisi, gunakan meteran (bisa menggunakan meteran tukang, harganya sekitar 10rb/$1 ). Atau kalau mau super hemat, lihat saja kotak ubin di lantai, jumlahkan berapa ubin yang proporsional menurut anda.
Ok, sambil melihat ubin, anda pikirin, kira-kira kalau ukuran segitu kakinya nekuk apa nggak kalo tidur nanti?
Jangan terlalu mikirin teknis gambarnya dulu, entah as-as ato bukan tidak terlalu masalah. Baru nanti kalo zoning nya sudah fix, buatlah yang presisi. (selisih 15 cm menurut saya nggak terlalu berpengaruh banyak dalam desain). Lagian kalo nanti kurang lebar, tinggal geser kanan geser kiri saja.
d. Kemudian dilanjutkan dengan membuat alur servis area. (lihat garis kuning di bawah). Perkirakan supaya jalur servis memakan tempat se-sedikit mungkin, sehingga ruang efektif untuk rumah bisa maksimal.
Usahakan membentuk sebuah jalur yang sentral, jadi mirip alun-alun ( bukankah alun-alun kota umumnya terletak di tengah kota ?), jadi lumayan dekat kalau mau kemana-mana.
e. Setelah itu, lanjutkan dengan menentukan perletakan bukaan pintu. Ini juga kadang jadi masalah, misalnya untuk gambar kamar tidur di bawah. Kalau pintu di buka ke dalam pasti susah nanti mengatur perabotannya, mengingat ukuran kamar termasuk sempit. Kalau di buka ke luar, pasti akan mengganggu jalur area servis.
Kalau misalnya sudah final tidak bisa di apa-apa kan, tinggal pilih saja mana kerugian yang paling minim. Atau kalo masih ada waktu ya di re-design saja.
(Nb: Gambar kerja PDF yang saya sertakan mungkin berbeda dengan gambar di bawah, Karena yang PDF Pakai As-as dan yang ini pakai tepi-tepi.)
Atau kalau ingin lebih presisi, gunakan meteran (bisa menggunakan meteran tukang, harganya sekitar 10rb/$1 ). Atau kalau mau super hemat, lihat saja kotak ubin di lantai, jumlahkan berapa ubin yang proporsional menurut anda.
Ok, sambil melihat ubin, anda pikirin, kira-kira kalau ukuran segitu kakinya nekuk apa nggak kalo tidur nanti?
Jangan terlalu mikirin teknis gambarnya dulu, entah as-as ato bukan tidak terlalu masalah. Baru nanti kalo zoning nya sudah fix, buatlah yang presisi. (selisih 15 cm menurut saya nggak terlalu berpengaruh banyak dalam desain). Lagian kalo nanti kurang lebar, tinggal geser kanan geser kiri saja.
d. Kemudian dilanjutkan dengan membuat alur servis area. (lihat garis kuning di bawah). Perkirakan supaya jalur servis memakan tempat se-sedikit mungkin, sehingga ruang efektif untuk rumah bisa maksimal.
Usahakan membentuk sebuah jalur yang sentral, jadi mirip alun-alun ( bukankah alun-alun kota umumnya terletak di tengah kota ?), jadi lumayan dekat kalau mau kemana-mana.
e. Setelah itu, lanjutkan dengan menentukan perletakan bukaan pintu. Ini juga kadang jadi masalah, misalnya untuk gambar kamar tidur di bawah. Kalau pintu di buka ke dalam pasti susah nanti mengatur perabotannya, mengingat ukuran kamar termasuk sempit. Kalau di buka ke luar, pasti akan mengganggu jalur area servis.
Kalau misalnya sudah final tidak bisa di apa-apa kan, tinggal pilih saja mana kerugian yang paling minim. Atau kalo masih ada waktu ya di re-design saja.
(Nb: Gambar kerja PDF yang saya sertakan mungkin berbeda dengan gambar di bawah, Karena yang PDF Pakai As-as dan yang ini pakai tepi-tepi.)
Sekarang kita lanjut ke teknis menggambar
perintah dasar dalam pembuatan denah |
a. Untuk garis pembentuk dinding saya pakai Line (L), trus di offset 15
(dalam dunia konstruksi, standar lebar dinding ½ bata adalah 15 cm, walo
pelaksanaan riil nggak selalu presisi segitu).
Kalau menggunakan Multiline, agak susah karena harus sering-sering
merubah justification. Konsekwensi dari Line ini nanti harus bersedia
rajin-rajin melakukan Trim object.
* nilai 15 pada line bisa berubah-ubah tergantung anda. Jadi bisa ditulis 150 atau 1,5. Tapi pastikan satuan tersebut konsisten dari awal gambar sampai akhir. Tinggal tentukan saja mana yang paling enak buat anda.
b. tiap pertemuan dinding diberi ring balk (rectangle ukuran 15/15, gunanya agar Polyline dinding bisa nempel di osnap).
c. Untuk pengisi dinding, saya pakai polyline dengan global width 10. Polyline mempunyai pickpoint di awal dan akhir garis yang lebih memudahkan dalam pengeditan gambar, dibanding jika memakai hatch.
d. trus pasang kusen, perabotan, tanaman … dan selesai.
(mitsubishi impressa-nya jangan sampai ketinggalan ya)
e. Pastikan setting nearest pada osnap tidak aktif, setting ini dapat membuat gambar kurang presisi. Bisa dilihat nanti di hasil akhir denah. Kalo setting ini diaktifkan, biasanya pada beberapa garis akan mempunyai panjang x,0002 bukan angka genap x,0000.
Untuk garis bidang yang mempunyai sudut 90derajat, biasanya saya lebih memilih ortho, trus garis dilebihkan sedikit, lalu di trim. (untuk menjaga akurasi gambar, walaupun dengan konsekwensi sering-sering melakukan trim).
Note:
a. Garis putus2 yang ada hurufnya A, B dan C (buat yang belum tahu) adalah garis imaginer potongan yang gunanya nanti untuk membuat gambar potongan rumah. Usahakan garis ini mewakili titik-titik dimana dalam pelaksanaan dilapangan bagian tersebut harus diketahui angka ketinggian (elevasi) dan ekspose dari struktur.
Sebagai contoh:
-Titik A adalah potongan melintang yang saya maksudkan untuk meng-ekspose ujung dari rangka atap.
Akan lebih mudah kalau siteplan (tampak atap) dibuat terlebih dahulu kemudian tinggal ditarik dari titik tengahnya.
- Titik B untuk melihat perbedaan elevasi antara ruang tidur dan kamar mandi (pada gambar terpaut 5cm) dan perletakan antara ujung dinding dengan rangka atap. [Lingkaran kuning]
- Titik C, karena bentuk dinding luarnya yang tidak simetris, maka dibutuhkan balok struktur tambahan untuk menopang ujung atap. [ garis putus2 dan lingkaran biru ]
(Garis potongan ini biasanya dibuat setelah siteplan dan tampak rumah fix).
b. Sekedar tips, usahakan tiap ruang terutama kamar mandi dan kamar tidur ada bukaan (jendela). Biasanya untuk kamar tidur memakai jendela besar dan kamar mandi jendela kecil (boven).
c. Perhatikan juga skema sirkulasi gerak nantinya (garis merah). Skema gerak ini gunanya untuk meletakkan perabotan rumah. Usahakan perabotan interior yang akan digambar juga bisa diaplikasikan, jadi ukuran perabotan seharusnya sesuai kondisi riil yang ada dan perlu diperhatikan betul perletakkannya.
Misal kursi tamu, (walau kecil mungil), bagus kan kalau ditaruh di situ? ... wkwkkw.
Maksudnya dia tidak menghalangi sirkulasi gerak. Walaupun dalam estetika sebenarnya rada “kurang”, kan nggak etis kalau tamu bisa melihat dapur dan kamar mandi?
(berhubung rumahnya memang kecil mungil, mau bagaimana lagi).
Selalu pastikan kemampuan aplikasi di lapangan lebih penting dari estetika, walaupun kedua2nya sebenarnya sama-sama penting dalam rumah tinggal.
d. Kusen-kusan ruangan (kamar tidur dan kamar mandi) usahakan membuka kedalam, agar bila nanti dalam aplikasi, bila pintu tidak dipakai tidak mengganggu garis servis.
Misal pintu kamar tidur saya balik jadi membuka keluar, pintu akan menghalangi akses ke kamar mandi.
Untuk pintu yang berbatasan langsung dengan luar rumah, idealnya juga membuka kedalam, tapi karena disitu rencananya ada tv dinding (tv plasma + subaru... benar-benar orang yang low profile) jadi saya gambar seperti itu.
e. Untuk kamar mandi, jika direncanakan menggunakan bak mandi, usahakan wc berada disebelah kiri dan bak mandi di sebelah kanan. (agar kalau buang air mudah ambil airnya..wkwk).
f. And so on… itu adalah contoh-contoh penjelasan yang harus anda punya kalau nanti ditanya sama yang punya rumah. Dan pada praktiknya, kalau ditulis semua bisa ratusan point itemnya. Belum termasuk faktor fengshui (walo saya tidak paham), faktor angin, arah qiblat (untuk kaum muslim), dan lain sebagainya.
Gambar dibawah adalah bagian2 command yang saya pakai. Disini saya pakai satuan cm, jadi 1unit digambar=1cm di lapangan. Contohnya pada tebal dinding (standar umum adalah 15cm) saya pakai 15 unit. Dan satuan ini bisa berubah2 tergantung anda. Jadi bisa ditulis 150 atau 1,5. Tapi pastikan satuan tersebut konsisten dari awal gambar sampai akhir. Tinggal tentukan saja mana yang paling enak buat anda.
Tahapan selanjutnya adalah membuat tampak depan.
Ini erat kaitannya dengan tema rumah (minimalis, mediteranian, classic, dll). Pada tutorial ini sengaja saya bikin tema “sederhana”. Bukan karena agar tutorial jadi gampang dibaca, tapi emang saya nggak terlalu paham style. Jadi tolong maafkanlah. Wkwkkw.
Cara bikin:
1. Offset garis tepi dinding selebar 70cm keluar (dari 1a ke 1b).
2. Tentukan elevasi 0.00 rencana
(nantinya ini adalah ketinggian lantai kamar tidur dan ruang tamu –cek kembali gambar denah-)
3. Kemudian copy kan garis 0.00 ke atas setinggi lisplank (ujung bawah atap). Untuk rumah kecil biasanya sekitar 3-3,2m. Rumah yang lebih besar bisa 3,5-4m
[sesuaikan dengan proposi antara lebar dan tinggi bangunan]
4. Tarik garis pertemuan antara garis 3 & 1b sebesar 30°. Sudut ini juga hasil perkiraan, sedang angka yang umum dipakai antara 30-45°. Konsekwensinya, makin rendah kemiringannya makin rentan terhadap tampias (air hujan yang masuk di sela-sela genteng), sedang kalau makin curam maka struktur atap dan luasan atap juga makin membengkak yang artinya biaya konstruksi ikut bertambah.
5. Dari titik pertemuan garis 4, tarik ke kanan (garis 5) dan didapatkanlah tinggi kerpus (pertemuan atap).
6. Kemudian gunakan garis 1b untuk membuat siteplan (gambar denah pojok atas).
7. Untuk membuat garis imaginer tanah, copy garis 0.00 ke bawah sebesar 20cm kemudian offset 5cm.
Taraaaa….. Dan sekarang kita sudah punya gambar siteplan dan tampak.
Hints:
a. Untuk mempermudah membuat garis bantu, pakai saja xline.
b. Untuk memberi corak (fill) atap dan batu alam, gunakan hatch dan atur skalanya dan dikira2 saja sampai nampak proporsional.
Jika diinginkan, tampak depan bisa sedikit dieksploitasi dengan menambahkan aksen, ornament, atau kalau mau agak ekstrim dengam menambah dinding ornament. atap bisa dimodel bervariasi, dibuat bersusun, muka atap menghadap kedepan, dll. Buatlah semenarik mungkin.
Yang pasti hindari bikin model atap seperti contoh diatas...!!! (kalau tidak kepepet benar)
* nilai 15 pada line bisa berubah-ubah tergantung anda. Jadi bisa ditulis 150 atau 1,5. Tapi pastikan satuan tersebut konsisten dari awal gambar sampai akhir. Tinggal tentukan saja mana yang paling enak buat anda.
b. tiap pertemuan dinding diberi ring balk (rectangle ukuran 15/15, gunanya agar Polyline dinding bisa nempel di osnap).
c. Untuk pengisi dinding, saya pakai polyline dengan global width 10. Polyline mempunyai pickpoint di awal dan akhir garis yang lebih memudahkan dalam pengeditan gambar, dibanding jika memakai hatch.
d. trus pasang kusen, perabotan, tanaman … dan selesai.
(mitsubishi impressa-nya jangan sampai ketinggalan ya)
e. Pastikan setting nearest pada osnap tidak aktif, setting ini dapat membuat gambar kurang presisi. Bisa dilihat nanti di hasil akhir denah. Kalo setting ini diaktifkan, biasanya pada beberapa garis akan mempunyai panjang x,0002 bukan angka genap x,0000.
Untuk garis bidang yang mempunyai sudut 90derajat, biasanya saya lebih memilih ortho, trus garis dilebihkan sedikit, lalu di trim. (untuk menjaga akurasi gambar, walaupun dengan konsekwensi sering-sering melakukan trim).
gambar denah dasar rumah tipe 21 |
a. Garis putus2 yang ada hurufnya A, B dan C (buat yang belum tahu) adalah garis imaginer potongan yang gunanya nanti untuk membuat gambar potongan rumah. Usahakan garis ini mewakili titik-titik dimana dalam pelaksanaan dilapangan bagian tersebut harus diketahui angka ketinggian (elevasi) dan ekspose dari struktur.
Sebagai contoh:
-Titik A adalah potongan melintang yang saya maksudkan untuk meng-ekspose ujung dari rangka atap.
Akan lebih mudah kalau siteplan (tampak atap) dibuat terlebih dahulu kemudian tinggal ditarik dari titik tengahnya.
- Titik B untuk melihat perbedaan elevasi antara ruang tidur dan kamar mandi (pada gambar terpaut 5cm) dan perletakan antara ujung dinding dengan rangka atap. [Lingkaran kuning]
- Titik C, karena bentuk dinding luarnya yang tidak simetris, maka dibutuhkan balok struktur tambahan untuk menopang ujung atap. [ garis putus2 dan lingkaran biru ]
(Garis potongan ini biasanya dibuat setelah siteplan dan tampak rumah fix).
b. Sekedar tips, usahakan tiap ruang terutama kamar mandi dan kamar tidur ada bukaan (jendela). Biasanya untuk kamar tidur memakai jendela besar dan kamar mandi jendela kecil (boven).
c. Perhatikan juga skema sirkulasi gerak nantinya (garis merah). Skema gerak ini gunanya untuk meletakkan perabotan rumah. Usahakan perabotan interior yang akan digambar juga bisa diaplikasikan, jadi ukuran perabotan seharusnya sesuai kondisi riil yang ada dan perlu diperhatikan betul perletakkannya.
Misal kursi tamu, (walau kecil mungil), bagus kan kalau ditaruh di situ? ... wkwkkw.
Maksudnya dia tidak menghalangi sirkulasi gerak. Walaupun dalam estetika sebenarnya rada “kurang”, kan nggak etis kalau tamu bisa melihat dapur dan kamar mandi?
(berhubung rumahnya memang kecil mungil, mau bagaimana lagi).
Selalu pastikan kemampuan aplikasi di lapangan lebih penting dari estetika, walaupun kedua2nya sebenarnya sama-sama penting dalam rumah tinggal.
d. Kusen-kusan ruangan (kamar tidur dan kamar mandi) usahakan membuka kedalam, agar bila nanti dalam aplikasi, bila pintu tidak dipakai tidak mengganggu garis servis.
Misal pintu kamar tidur saya balik jadi membuka keluar, pintu akan menghalangi akses ke kamar mandi.
Untuk pintu yang berbatasan langsung dengan luar rumah, idealnya juga membuka kedalam, tapi karena disitu rencananya ada tv dinding (tv plasma + subaru... benar-benar orang yang low profile) jadi saya gambar seperti itu.
e. Untuk kamar mandi, jika direncanakan menggunakan bak mandi, usahakan wc berada disebelah kiri dan bak mandi di sebelah kanan. (agar kalau buang air mudah ambil airnya..wkwk).
f. And so on… itu adalah contoh-contoh penjelasan yang harus anda punya kalau nanti ditanya sama yang punya rumah. Dan pada praktiknya, kalau ditulis semua bisa ratusan point itemnya. Belum termasuk faktor fengshui (walo saya tidak paham), faktor angin, arah qiblat (untuk kaum muslim), dan lain sebagainya.
Gambar dibawah adalah bagian2 command yang saya pakai. Disini saya pakai satuan cm, jadi 1unit digambar=1cm di lapangan. Contohnya pada tebal dinding (standar umum adalah 15cm) saya pakai 15 unit. Dan satuan ini bisa berubah2 tergantung anda. Jadi bisa ditulis 150 atau 1,5. Tapi pastikan satuan tersebut konsisten dari awal gambar sampai akhir. Tinggal tentukan saja mana yang paling enak buat anda.
Tahapan selanjutnya adalah membuat tampak depan.
Ini erat kaitannya dengan tema rumah (minimalis, mediteranian, classic, dll). Pada tutorial ini sengaja saya bikin tema “sederhana”. Bukan karena agar tutorial jadi gampang dibaca, tapi emang saya nggak terlalu paham style. Jadi tolong maafkanlah. Wkwkkw.
proses membuat gambar potongan rumah |
1. Offset garis tepi dinding selebar 70cm keluar (dari 1a ke 1b).
2. Tentukan elevasi 0.00 rencana
(nantinya ini adalah ketinggian lantai kamar tidur dan ruang tamu –cek kembali gambar denah-)
3. Kemudian copy kan garis 0.00 ke atas setinggi lisplank (ujung bawah atap). Untuk rumah kecil biasanya sekitar 3-3,2m. Rumah yang lebih besar bisa 3,5-4m
[sesuaikan dengan proposi antara lebar dan tinggi bangunan]
4. Tarik garis pertemuan antara garis 3 & 1b sebesar 30°. Sudut ini juga hasil perkiraan, sedang angka yang umum dipakai antara 30-45°. Konsekwensinya, makin rendah kemiringannya makin rentan terhadap tampias (air hujan yang masuk di sela-sela genteng), sedang kalau makin curam maka struktur atap dan luasan atap juga makin membengkak yang artinya biaya konstruksi ikut bertambah.
5. Dari titik pertemuan garis 4, tarik ke kanan (garis 5) dan didapatkanlah tinggi kerpus (pertemuan atap).
6. Kemudian gunakan garis 1b untuk membuat siteplan (gambar denah pojok atas).
7. Untuk membuat garis imaginer tanah, copy garis 0.00 ke bawah sebesar 20cm kemudian offset 5cm.
Taraaaa….. Dan sekarang kita sudah punya gambar siteplan dan tampak.
gambar tampak dan siteplan rumah |
a. Untuk mempermudah membuat garis bantu, pakai saja xline.
b. Untuk memberi corak (fill) atap dan batu alam, gunakan hatch dan atur skalanya dan dikira2 saja sampai nampak proporsional.
Jika diinginkan, tampak depan bisa sedikit dieksploitasi dengan menambahkan aksen, ornament, atau kalau mau agak ekstrim dengam menambah dinding ornament. atap bisa dimodel bervariasi, dibuat bersusun, muka atap menghadap kedepan, dll. Buatlah semenarik mungkin.
Yang pasti hindari bikin model atap seperti contoh diatas...!!! (kalau tidak kepepet benar)
2. Denah sanitasi (jaringan air bersih, air kotor, detail septictank, detail bak tandon)
gambar denah saluran air (sanitasi) rumah |
Note:
a. Hal pertama yang harus di prioritaskan adalah jaringan air kotor
lebih dahulu, baru kemudian diikuti jaringan air bersih.
Logikanya, “lebih baik airnya nggak menetes daripada wcnya luber kemana2”, walaupun 2 hal tadi juga sama2 tidak kita inginkan.
Tapi biasanya hal yang diutamakan adalah membuat panjang jaringan air kotor sependek mungkin dan selurus mungkin.
Jadi kalau bisa, minimalisir bentuk yang panjang sekali dan terlalu banyak kelokan. Dan kenapa air kotor harus diprioritaskan? Karena seringnya 2 hal itu berlawanan. Jadi kalau septictank di belakang, seringnya sumur ditaruh di depan. Kalaupun tidak memakai sumur (tapi pake bak tandon), bisa juga diletakkan dalam satu area. Tapi usahakan jangan mepet2. Karena teorinya walaupun bak tandon direncanakan dibuat kedap air, tapi selalu mungkin ada kemungkinan rembes.
b. Untuk air kotor, jika tidak ada ketentuan khusus dari pengembang perumahan, usahakan letak septictank sedekat mungkin dengan wc. Pada perumahan biasanya letaknya seragam, yakni semua di depan atau di belakang. Alasan menggunakan septictank didepan biasanya dipilih untuk mempermudah pengurasan andaikata suatu saat penampungannya penuh dan tanah sudah jenuh. Jika memang harus membentang jauh, usahakan tidak terlalu jauh, karena semakin jauh pipa membentang maka semakin dalam pula saptictank letaknya dari permukaan tanah.
Masalah yang muncul jika letaknya dalam adalah dasar galian sudah mengeluarkan sumber air yang nantinya akan menyulitkan proses pengerjaan, dan resiko pencemaran yg lebih besar bila menggunakan sumur. Sudut kemiringan yang biasa dipakai sekitar 2-3°. Jadi misal kita pakai 2°, untuk bentangan 10m septictank harus mempunyai beda tinggi min 20cm. Resiko lain jika bentang semakin jauh adalah lebih rentan tersumbat, dan bila tersumbat, kesulitan untuk mengatasinya juga akan semakin bertambah.
Pada kondisi tanah yang umum, jarak minimal yang ideal antara sumur dan saptictank adalah 10m. tapi angka tersebut bisa berubah tergantung kondisi tanah dan arah aliran air bawah tanah. Jika menggunakan katakanlah angka 10m, maka jarak tersebut harusnya berupa radius (melingkar) dengan sumur tetangga juga. Jadi bukan hanya jarak linear (lurus) dari wc ke septictank kita saja.
c. Hampir sama dengan septictank, jika oleh developer diharuskan, maka wajib dibangun pula sumur resapan. Sumur ini fungsinya untuk menyerap air kotor cair non wc (misal air dari dapur dan shower) sehingga secara teori air tanah tidak banyak yang keluar. Fungsi kedua adalah tidak banyak air yang terbuang ke saluran sehingga meminimalisir kerja saluran pembuangan.
Semakin dekat titik buangan dari kamar mandi (floor drain) dengan sumur resapan akan semakin baik. Bila kita lihat gambar di atas, bila sumur resapan masih mampu menampung, maka titik A tidak terbebani air lewat, sehingga akan meminimalisir kerja saluran utama air kotor rumah. Idealnya sumur resapan dan septictank ini diletakkan dalam satu zone.
d. Jika ternyata di lokasi tidak bisa dibangun sumur, maka perlu dibuat bak tandon (ground tank) yang berfungsi untuk menampung air dari perusahaan air minum (misal PDAM), sehingga jika terjadi air macet, kita masih bisa sedikit lega karena masih punya cadangan air.
e. Untuk air bersih, usahakan jarak antara sumber air (sumur/bak tandon) sependek mungkin. Dan kalau ternyata dari rencana air kotor menghasilkan jarak yang lumayan jauh, ya mau gimana lagi.
Hal yang mungkin perlu diperhatikan adalah kapasitas pompa air. Untuk pompa biasa (sumur dangkal) biasanya mempunyai daya hisap <7m air="air" anda="anda" anggap="anggap" baik="baik" berlebih="berlebih" bikin="bikin" bila="bila" bisa="bisa" br="br" dalam="dalam" dan="dan" dari="dari" data="data" daya="daya" di="di" diikutkan="diikutkan" dorong="dorong" elevasi="elevasi" gunakan="gunakan" hisap="hisap" horizontal="horizontal" ideal="ideal" ini="ini" itungan="itungan" jalan="jalan" jarak="jarak" juga="juga" kaitannya="kaitannya" kalau="kalau" karena="karena" ke="ke" kita="kita" kurang2="kurang2" lebih="lebih" m.="m." maksudnya="maksudnya" masalah.="masalah." membujur="membujur" mempunyai="mempunyai" mengira2="mengira2" nggak="nggak" nol="nol" pada="pada" panjang="panjang" pas="pas" penampungan.="penampungan." perencanaan.="perencanaan." perencanaan="perencanaan" pipa="pipa" pompa="pompa" sedikit.="sedikit." sedikit="sedikit" sumber="sumber" tapi="tapi" teori="teori" ternyata="ternyata" untuk="untuk" walaupun="walaupun" yang="yang">
Berikut saya sertakan juga detail gambar septictank, sumur resapan dan bak tandon.
a. Untuk sumur resapan, kedalamannya tidak mutlak 4m (kedalaman gambar), tapi sesuaikan dengan muka air tanah di lapangan. Kalau ternyata di lapangan muka airnya -50cm (misal daerah rawa), ya percuma juga dipasang sumur resapan.
b. Ukuran septictank dan bak tandon di bawah biasanya digunakan untuk kapasitas 4-6 orang. Bila ternyata penghuni rumah lebih besar, ukuran juga dibesarkan sesuai perkalian % orang dan % septictank/bak tandon.
c. Dasar bak tandon sengaja dibuat miring agar nanti waktu menguras airnya ngumpul di satu sisi saja. Sedang septictank tidak perlu dibikin miring (emang anda mau nguras septictank?)
7m>
Logikanya, “lebih baik airnya nggak menetes daripada wcnya luber kemana2”, walaupun 2 hal tadi juga sama2 tidak kita inginkan.
Tapi biasanya hal yang diutamakan adalah membuat panjang jaringan air kotor sependek mungkin dan selurus mungkin.
Jadi kalau bisa, minimalisir bentuk yang panjang sekali dan terlalu banyak kelokan. Dan kenapa air kotor harus diprioritaskan? Karena seringnya 2 hal itu berlawanan. Jadi kalau septictank di belakang, seringnya sumur ditaruh di depan. Kalaupun tidak memakai sumur (tapi pake bak tandon), bisa juga diletakkan dalam satu area. Tapi usahakan jangan mepet2. Karena teorinya walaupun bak tandon direncanakan dibuat kedap air, tapi selalu mungkin ada kemungkinan rembes.
b. Untuk air kotor, jika tidak ada ketentuan khusus dari pengembang perumahan, usahakan letak septictank sedekat mungkin dengan wc. Pada perumahan biasanya letaknya seragam, yakni semua di depan atau di belakang. Alasan menggunakan septictank didepan biasanya dipilih untuk mempermudah pengurasan andaikata suatu saat penampungannya penuh dan tanah sudah jenuh. Jika memang harus membentang jauh, usahakan tidak terlalu jauh, karena semakin jauh pipa membentang maka semakin dalam pula saptictank letaknya dari permukaan tanah.
Masalah yang muncul jika letaknya dalam adalah dasar galian sudah mengeluarkan sumber air yang nantinya akan menyulitkan proses pengerjaan, dan resiko pencemaran yg lebih besar bila menggunakan sumur. Sudut kemiringan yang biasa dipakai sekitar 2-3°. Jadi misal kita pakai 2°, untuk bentangan 10m septictank harus mempunyai beda tinggi min 20cm. Resiko lain jika bentang semakin jauh adalah lebih rentan tersumbat, dan bila tersumbat, kesulitan untuk mengatasinya juga akan semakin bertambah.
Pada kondisi tanah yang umum, jarak minimal yang ideal antara sumur dan saptictank adalah 10m. tapi angka tersebut bisa berubah tergantung kondisi tanah dan arah aliran air bawah tanah. Jika menggunakan katakanlah angka 10m, maka jarak tersebut harusnya berupa radius (melingkar) dengan sumur tetangga juga. Jadi bukan hanya jarak linear (lurus) dari wc ke septictank kita saja.
c. Hampir sama dengan septictank, jika oleh developer diharuskan, maka wajib dibangun pula sumur resapan. Sumur ini fungsinya untuk menyerap air kotor cair non wc (misal air dari dapur dan shower) sehingga secara teori air tanah tidak banyak yang keluar. Fungsi kedua adalah tidak banyak air yang terbuang ke saluran sehingga meminimalisir kerja saluran pembuangan.
Semakin dekat titik buangan dari kamar mandi (floor drain) dengan sumur resapan akan semakin baik. Bila kita lihat gambar di atas, bila sumur resapan masih mampu menampung, maka titik A tidak terbebani air lewat, sehingga akan meminimalisir kerja saluran utama air kotor rumah. Idealnya sumur resapan dan septictank ini diletakkan dalam satu zone.
d. Jika ternyata di lokasi tidak bisa dibangun sumur, maka perlu dibuat bak tandon (ground tank) yang berfungsi untuk menampung air dari perusahaan air minum (misal PDAM), sehingga jika terjadi air macet, kita masih bisa sedikit lega karena masih punya cadangan air.
e. Untuk air bersih, usahakan jarak antara sumber air (sumur/bak tandon) sependek mungkin. Dan kalau ternyata dari rencana air kotor menghasilkan jarak yang lumayan jauh, ya mau gimana lagi.
Hal yang mungkin perlu diperhatikan adalah kapasitas pompa air. Untuk pompa biasa (sumur dangkal) biasanya mempunyai daya hisap <7m air="air" anda="anda" anggap="anggap" baik="baik" berlebih="berlebih" bikin="bikin" bila="bila" bisa="bisa" br="br" dalam="dalam" dan="dan" dari="dari" data="data" daya="daya" di="di" diikutkan="diikutkan" dorong="dorong" elevasi="elevasi" gunakan="gunakan" hisap="hisap" horizontal="horizontal" ideal="ideal" ini="ini" itungan="itungan" jalan="jalan" jarak="jarak" juga="juga" kaitannya="kaitannya" kalau="kalau" karena="karena" ke="ke" kita="kita" kurang2="kurang2" lebih="lebih" m.="m." maksudnya="maksudnya" masalah.="masalah." membujur="membujur" mempunyai="mempunyai" mengira2="mengira2" nggak="nggak" nol="nol" pada="pada" panjang="panjang" pas="pas" penampungan.="penampungan." perencanaan.="perencanaan." perencanaan="perencanaan" pipa="pipa" pompa="pompa" sedikit.="sedikit." sedikit="sedikit" sumber="sumber" tapi="tapi" teori="teori" ternyata="ternyata" untuk="untuk" walaupun="walaupun" yang="yang">
Berikut saya sertakan juga detail gambar septictank, sumur resapan dan bak tandon.
a. Untuk sumur resapan, kedalamannya tidak mutlak 4m (kedalaman gambar), tapi sesuaikan dengan muka air tanah di lapangan. Kalau ternyata di lapangan muka airnya -50cm (misal daerah rawa), ya percuma juga dipasang sumur resapan.
b. Ukuran septictank dan bak tandon di bawah biasanya digunakan untuk kapasitas 4-6 orang. Bila ternyata penghuni rumah lebih besar, ukuran juga dibesarkan sesuai perkalian % orang dan % septictank/bak tandon.
c. Dasar bak tandon sengaja dibuat miring agar nanti waktu menguras airnya ngumpul di satu sisi saja. Sedang septictank tidak perlu dibikin miring (emang anda mau nguras septictank?)
gambar detail septictank rumah |
gambar detail sumur resapan rumah |
gambar detail bak tandon air rumah |
3. Denah
instalasi listrik (titik lampu, perletakan stop kontak)
Gambar ini nantinya digunakan oleh tukang listrik untuk menentukan perletakan pipa listrik yang akan ditanam didalam plesteran dinding. Jadi biasanya setelah pasangan batu bata selesai, sebelum diplester, dipasang dulu pipa paralon untuk memudahkan pemasangan dan melindungi kabel listrik jaringan.
Note:
a. Usahakan letak stop kontak sesuai denagan denah layout. Jadi kalau di denah ada perabot tv, seharusnya di situ juga diletakkan stop kontak.
Gambar ini nantinya digunakan oleh tukang listrik untuk menentukan perletakan pipa listrik yang akan ditanam didalam plesteran dinding. Jadi biasanya setelah pasangan batu bata selesai, sebelum diplester, dipasang dulu pipa paralon untuk memudahkan pemasangan dan melindungi kabel listrik jaringan.
gambar denah instalasi listrik rumah |
a. Usahakan letak stop kontak sesuai denagan denah layout. Jadi kalau di denah ada perabot tv, seharusnya di situ juga diletakkan stop kontak.
b. Untuk saklar, letakkan ditempat yang mudah dijangkau (biasanya didalam zona servis/garis merah pada gambar paling atas).
c. Untuk saklar kamar, utamakan letaknya bersilangan dengan engsel pintu. Jadi misal engsel ada di kiri (lihat gambar), letakkan saklar di kanan. Tapi kalau di kanan ada perabot (misal almari) letakkan saklar di belakang bukaan pintu (lihat lingkaran merah). Intinya usahakan sedekat mungkin dengan jangkauan tangan, jadi ketika pemilik membuka pintu, maka tidak ada kesulitan tambahan menemukan saklar lampu.
d. Untuk saklar kamar mandi, letakkan saklar di luar kamar mandi dan usahakan satu lampu satu saklar, gunanya supaya tamu tidak salah mematikan lampu kala dia berkunjung dengan tujuan buang air. Wkwkkw
e. Usahakan disemua lampu, satu lampu untuk satu mata saklar. Gunanya untuk memudahkan kalau misalnya si pemilik ingin menghidupkan satu lampu halogen belakang (tujuannya pasti menghemat listrik).
f. Untuk saklar AC, letakkan di daerah yang bersebelahan dengan “dunia luar”. Jadi nanti dalam aplikasi bisa menghemat pipa AC.
g. Untuk memasang lampu down light, pastikan daerah tersebut terdapat plafond gypsum. Soalnya kalau ternyata daerah tersebut berupa dag beton, biasanya tukang memaksakan dengan melubangi beton dan itu sangat amat tidak disarankan.
4. Denah kusen
Gambar denah kusen ini gunanya untuk memandu agar tukang kayu tidak salah memasang arah bukaan dan jenis pintu.
gambar denah perletakan kusen |
Gambar ini fungsinya untuk diserahkan ke tukang kayu/alumunium. Jadi biasanya ada bengkel khusus yang mengerjakan kusen ini. Setelah kusen jadi, baru dikirim ke site. Kusen (rangka pintu) harus sudah jadi sebelum dinding diplester agar nanti tidak ada bobokan (bongkaran) di dinding untuk meletakkan kusen. Sedang untuk tukang batu, gambar ini gunanya untuk menentukan besar lubang yang harus disiapkan diantara pasangan dinding batu bata.
contoh gambar detail kusen dengan bahan alumunium |
a. Pastikan sebelumnya jenis kusen yang akan digunakan, apakah rangka alumunium atau kayu.
b. untuk daun pintu biasanya tidak terlalu masalah tentang bahan yang digunakan (biasanya terserah selera dan budget pemilik), tapi perlu diperhatikan betul ukuran dan tinggi elevasi daun. Ukuran yang umum adalah 2,1x0,75m untuk pintu ruangan kecil dan 2,4x0,8 untuk pintu besar. Ukuran ini biasanya disesuaikan dengan luas rumah (apakah termasuk rumah besar atau kecil).
c. Untuk pintu kamar mandi, bisa digunakan pintu PVC (murah) atau pintu panil + lapisan alumunium sheet (mahal).
5. Denah
pola lantai
a. Inti dari gambar denah pola lantai di atas adalah titik awal
pemasangan keramik (start point). Sehingga dalam pelaksanaan tukang batu
tidak bingung dalam meletakkan titik awal pelaksanaan.
b. Biasanya, start point diletakkan di petemuan antara kusen utama (yang paling besar atau paling depan) dengan dinding. Kalau nanti memakai jenis pintu dobel, lebih baik titik awal diletakkan di tengah-tengah dari ke dua daun pintu tersebut.
c. Untuk kamar mandi, sebaiknya letakkan start point di ujung pertemuan
bak mandi dan dinding. Gunanya adalah, disitu merupakan titik hilang
yang akan “bagus” kalau start point dipasang di situ. Jadi nanti ujung
bak mandi akan bertemu dengan ujung keramik dinding.
d. Ukuran yang umum untuk keramik ruangan adalah 30x30 (rumah mungil), 40x40 (rumah sedang) dan 60x60 (untuk rumah mewah). Sedangkan kamar mandi, untuk rumah sederhana memakai 20x20 (lantai) dan 20x25 (dinding), dan rumah yang lebih bagus memakai 30x30 (lantai) dan 25x33 (dinding).
e. Untuk proses menggambar, bisa digunakan hatch > user defined > double. Untuk menentukan ukuran keramik, karena saya pakai ukuran 30x30, maka isikan 30 pada kolom spacing. Untuk membuat pola miring isikan 45 di kolom angle. Untuk menentukan lokasi start point klik saja “click to set new origin” dan kemudian klik titik yang dikehendaki. (bisa dilihat di gambar di bawah)
gambar denah pola lantai (keramik) |
b. Biasanya, start point diletakkan di petemuan antara kusen utama (yang paling besar atau paling depan) dengan dinding. Kalau nanti memakai jenis pintu dobel, lebih baik titik awal diletakkan di tengah-tengah dari ke dua daun pintu tersebut.
d. Ukuran yang umum untuk keramik ruangan adalah 30x30 (rumah mungil), 40x40 (rumah sedang) dan 60x60 (untuk rumah mewah). Sedangkan kamar mandi, untuk rumah sederhana memakai 20x20 (lantai) dan 20x25 (dinding), dan rumah yang lebih bagus memakai 30x30 (lantai) dan 25x33 (dinding).
e. Untuk proses menggambar, bisa digunakan hatch > user defined > double. Untuk menentukan ukuran keramik, karena saya pakai ukuran 30x30, maka isikan 30 pada kolom spacing. Untuk membuat pola miring isikan 45 di kolom angle. Untuk menentukan lokasi start point klik saja “click to set new origin” dan kemudian klik titik yang dikehendaki. (bisa dilihat di gambar di bawah)
setting hatch untuk pola lantai |
6. Denah struktur (pondasi, balok dan kolom, detail penulangan, detail pondasi)
gambar denah strutur rumah (pondasi + balok + rangka atap) |
b. Sedang fungsi gambar denah ring balk untuk menentukan letak ring balk (balok pengunci dinding) dan balok penumpu rangka atap.
c. Bila rangka atap memakai rangka baja ringan, biasanya perkerjaan ini dilakukan oleh sub-kontraktor (subkon) yang khusus mengerjakan atap baja ringan. Sehingga fungsi gambar rangka atap untuk menentukan luasan atap dan perletakan rangka atap. Sisanya, biarkan subkon yang memikirkan detail rangka atapnya (biasanya melalui proses perhitungan struktur rangka atap tersendiri).
d. Denah pondasi biasanya disesuaikan dengan perletakan dinding. Jadi dimana ada dinding, seharusnya dibawahnya ada pondasi+sloof dan diakhiri dengan balok pengunci (ring balk).
e. Pada model-model yang tidak simetris (maksudnya ujung dinding tidak selalu bertemu dengan ujung rangka atap (titik A) harus disediakan ring balk tambahan.
Untuk mempermudah membuat garis pondasi, gunakan perintah bpoly, dan klik kan di dalam ruangan. Nanti akan terbentuk region (garis polygon yang mengelilingi ruangan) secara otomatis. Setelah itu offset ke dalam 5cm, offset lagi 17,5cm. Angka 5 dan 17,5 ini didapat dari perspektif dari gambar detail pondasi yang akan saya tambahkan dibawah.
Sebenarnya garis ini tidak perlu ketelitian karena fungsinya hanya untuk menggambarkan kalau disitu ada pasangan pondasi. Yang harus benar2 diperhatikan adalah akurasi jarak antar titik dalam dimensi. Juga perlu diperhatikan apakah base pointnya mengenai pada center (as) dinding atau tepi dinding. Untuk membuat balok, gunakan Polyline dengan width 15.
gambar detail pondasi batu belah rumah |
Untuk konstruksi yang lebih rumit (misal rumah tingkat), maka nanti akan ada beberapa gambar tambahan seperti, denah balok, detail footplat dan detail tangga.
Dan disinilah mungkin fungsi kuliah (yang mengambil jurusan teknik sipil) akan sangat membantu. Saat struktur mulai rumit, misal balok dengan bentangan panjang, kantilever atau struktur beresiko lainnya, rumus-rumus praktis waktu kuliah akan sangat membantu. Idealnya memang harus dihitung dengan teliti atau dengan program struktur (misal SAP), tapi saya rasa menggunakan rumus praktis juga sudah mampu mengakomodir karena fungsi bangunan yang seragam dan bentuk struktur yang seragam pula.
Misal untuk balok ada rumus 1/12L – 1/15L ( L = panjang bentangan balok), Plat lantai lebar max 16m2 dsb.
Berhubung sewaktu kuliah dulu saya suka tidur, jadi dengan amat sangat, tolong jangan tanya masalah struktur ini lebih dalam lagi kepada saya. wkwkwk
Buat rekan-rekan yang masih kuliah (terutama teknik sipil) manfaatkanlah waktu kalian sebaik-baiknya. Setidak-tidaknya pahami struktur beton saja juga sudah cukup bagus (btw pelajaran itu juga yang paling susah menurut saya..wkwkwk). Minimal kuasailah salah satu hal. Bisa tentang gambar, struktur atau management. Daripada mempelajari banyak tapi setengah-tengah.
7. Potongan memanjang dan melintang
Fungsi gambar potongan ini diantaranya adalah :
a. Untuk menentukan ketinggian perletakan sloof dan balok. (lihat lingkaran merah)
b. Menentukan ketinggian plafond (langit-langit) dari muka lantai (+/- 0.00).
c. Fungsi gambar manusia adalah untuk memberikan gambaran perspektif tentang kira-kira setinggi apa plafond tersebut terhadap ketinggian manusia. Jadi usahakan ukuran ketinggian simbol manusia juga mendekati real (antara 160-170cm).
d. Menggambarkan detail-detail apa saja yang terdapat di dalam strutur bangungan.
gambar potongan melintang |
Untuk menggambarkan bila ada struktur tambahan (balok, sloof dan
komponen struktur lainnya)
[lihat lingkaran merah dibawah]
Teknis penggambaran yang paling efektif (setahu saya) adalah dengan
menyusun denah dan siteplan (kadang juga denah pondasi, ringbalk juga
kalau strukturnya rumit), kemudian ditarik garis kebawah. Bisa
menggunakan xline. Cara kerjanya hampir mirip dengan cara menggambar
tampak pada section 1.
Untuk detail struktur yang tidak terlalu penting (misal dinding pagar belakang), mending tidak usah digambar (hanya akan menghabiskan kertas dan waktu.. wkkw). Toh juga dinding pagar bentuknya selalu seperti itu juga.
[lihat lingkaran merah dibawah]
gambar potongan memanjang |
proses pembuatan gambar potongan |
Untuk detail struktur yang tidak terlalu penting (misal dinding pagar belakang), mending tidak usah digambar (hanya akan menghabiskan kertas dan waktu.. wkkw). Toh juga dinding pagar bentuknya selalu seperti itu juga.
8. Finishing
gambar
Buatlah sebuah kop, misal seperti contoh dibawah, kemudian jadikan block. Keuntungan menggunakan block adalah jika nanti ada kerjaan gambar yang lain, anda cuma perlu mengganti data satu kop, dan kop lainnya akan mengganti semua. Field yang tidak diikutkan adalah judul gambar dan nomer lembar.
Caranya, pilih semua item, kemudian ketik block > enter. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah. Lalu isikan nama block (terserah), dan centang open in block editor.
Lalu akan muncul tampilan seperti ini, gantilah field yang saya lingkari merah, dan sesuaikan dengan kebutuhan. Semua komponen dalam block ini anggap saja komponen statik, yang artinya dia akan sama disemua kop.
setelah itu klik close block editor dan kita kembali lagi di tab
“model”. Kemudian tempatkan sebuah “text” di field “judul gambar” dan
“no. lembar”.
2 field ini kita sebut saja komponen dinamis, karena dia akan selalu berbeda di tiap-tiap kop.
Setelah kop gambar selesai, kemudian copy sesuai kebutuhan dan tempatkan
gambar di tiap-tiap kop, lalu edit semua komponen dinamis tadi.
Kemudian aktifkan layout 1 dengan cara meng-klik kiri pada tab layout1.
Sesuaikan kop dengan skala gambar. Misal masteran yang kita buat tadi untuk ukuran 1:100, maka untuk gambar dengan skala 1:20 cukup block kop tadi di scala 0,2. Dst.
Install program pdf creator www.pdfforge.org. *best regards to c4pt4in*
Program ini merupakan program gratis “pdf print spoiler”, atau print virtual untuk membuat output file menjadi pdf. Sebenarnya dari autocad sendiri juga sudah ada “plot to pdf”, menu tersebut bisa juga kita gunakan tapi hanya bisa digunakan satu halaman satu file pdf. Kalau jumlah lembar anda banyak (misalnya gambar kita ini), saya bisa jamin anda akan cepet capek, bosan, naik darah (halah) karena tiap sekali plot harus merename file pdf.
Kalau dengan program ini, anda Cuma perlu mem-plot sekali, trus dikumpulin, trus digabungin, dan hasilnya satu output file pdf dengan banyak lembar. Sebenarnya ada banyak program sejenis, misal nitro, adobe professional, dll, tapi kebanyakan program tersebut berbayar.
(walau bisa menggunakan crack, tapi kalau ada yang gratis kenapa harus bayar? Wkwkwk)
Saya merekomendasikan ini karena selama ini program ini sudah cukup mengakomodir kebutuhan saya dalam kaitannya dengan autocad.
Lalu tekan ctrl+p dan sampailah kita plot windows.
Sedikit penjelasan yang mungkin ada gunanya :
a. printer/plotter : jenis plotter (printer) yang digunakan. Bisa berupa print virtual (pdfcreator seperti gambar di atas), atau print fisik seperti canon, hp, Epson, dsb.
b. Paper size : ukuran kertas. Biasanya sebelum menggambar dimulai, harus ditentukan dulu ukuran kertas yang digunakan. Intinya disini, gambar dan teks pendukung masih layak untuk dibaca. Jadi kalau gambarnya sedikit dan relatif kecil, mungkin bisa digunakan A4.
Cara praktik paling simple adalah, misal kita pakai A4, setelah semua settingan selesai, tekan preview dan zoom sampai kira2 ukuran kertas di monitor sama dengan kertas A4 asli. Kalau monitor anda kecil, caranya dikira2 saja sambil dicek dengan cara didrag ke atas dan ke bawah.
Kalau salah satu sisi sudah sama (misal sisi vertical), biasanya sisi lainnya juga relative sama. Kemudian lihat apakah teksnya terlalu kecil atau nggak. Abaikan saja distorsi monitor, maksud saya teks sudah lumayan gede, tapi rusak sehingga tidak bisa dibaca. Dalam kenyataan, bila gambar itu di print, hurufnya jadi jelas kok. Yang penting sizenya.
Bila dalam suatu kasus anda harus mengeprint dalam ukuran A4, tapi gambar ukuran A3, salah satu solusinya adalah memecah gambar jadi 2. Dan masalah ini mungkin akan saya bahas dilain halaman.
c. What to plot : adalah jenis windows yang akan di plot. Pilihan layout disini maksudnya yang diplot adalah halaman layout. Biasanya kalau kepingin cepat, ya pakai “what to plot : window”.
Cara kerjanya aktifkan saja tab model, kemudian waktu selecting window, klik dari ujung kiri atas ke ujung kiri bawah kop. Tapi untuk multiple pages, saya sarankan memakai “what to plot : layout” saja. Agak sedikit lama settingan di awal, tapi akan sangat berguna di akhir. Option layout ini gunanya kalau nanti ada kesalahan di gambar, anda cukup mengedit gambar di tab model saja. Jadi setelah editing selesai, proses plot all cuman butuh satu-dua klik.
d. Plot style table : monochrome, ini artinya apapun warna yang digunakan sewaktu menggambar, autocad akan memaksa plotter membuat output gambar menjadi hitam putih. Kalau ingin output berwarna warni, pakai saja acad.ctb. Setting ini biasanya kepakai sewaktu sebuah warna gambar betul-betul penting. Misal untuk struktur yang rumit dan tumpang tindih, tiap elemen struktur ditandai dengan memberikan warna yang berbeda-beda.
Tapi dalam penggunaan umum, sebaiknya hindari memakai grayscale atau warna-warni, pertimbangannya adalah, gambar kerja seperti ini biasanya di fotocopy berulang kali. Dan pengalaman saya dengan grayscale dan hatch yang tipis akan hilang saat difotocopy.
e. Scale : 1 mm = 1 units. Mengenai skala mungkin akan saya lanjutkan di page yang lain dilain kesempatan.
f. Scale lineweights : menampilkan tebal tipis garis secara berbeda. Biasanya dalam sebuah gambar kerja, kop memakai garis yang tebal. Terus garis pada gambar utama rada tipis, terus garis ukuran lebih tipis lagi. Kalau ini di non aktifkan, maka hasil output akan menampilkan garis yang sama tebal walaupun di dalam proses menggambar kita setting secara berbeda.
Setelah itu kita lanjutkan dengan membuat viewport. Caranya buatlah rectangle se-mepet mungkin dengan border kertas (garis putus-putus).
Misal seperti gambar di atas, garis merah adalah rectangle yang baru saya buat. Tidak perlu presisi dengan ukuran tertentu, perinsipnya makin mepet makin bagus. Kemudian select rectangle yang baru dibuat tadi dan tempatkan dalam layer defpoints. Gunanya agar garis terluar yang nanti tercetak hanya garis kop.
Lalu klik menu view > viewports > objects. Dan klik pada rectangle yang baru dibuat tadi. Kemudian rectangle akan berubah jadi viewport.
Bila ingin settingan yang lebih cepat, anda tidak perlu membuat rectangle, tapi langsung saja view > viewports > 1 viewports. Kemudian klik dari pojok kiri atas ke pojok kanan bawah.
Option viewports object ini akan berguna saat nanti dalam sebuah paper ada banyak tempelan gambar detail.
Lalu aktifkan viewports, klik menu paper pada pojok kanan bawah
kemudian tempatkan gambar sampai terlihat hampir penuh di viewport.
kemudian pilih viewport scale > custom > add
buatlah settingan seperti di bawah
kemudian tekan ok.
Buatlah sebuah kop, misal seperti contoh dibawah, kemudian jadikan block. Keuntungan menggunakan block adalah jika nanti ada kerjaan gambar yang lain, anda cuma perlu mengganti data satu kop, dan kop lainnya akan mengganti semua. Field yang tidak diikutkan adalah judul gambar dan nomer lembar.
Caranya, pilih semua item, kemudian ketik block > enter. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah. Lalu isikan nama block (terserah), dan centang open in block editor.
setting block definition |
Lalu akan muncul tampilan seperti ini, gantilah field yang saya lingkari merah, dan sesuaikan dengan kebutuhan. Semua komponen dalam block ini anggap saja komponen statik, yang artinya dia akan sama disemua kop.
pembuatan kop gambar dengan block |
2 field ini kita sebut saja komponen dinamis, karena dia akan selalu berbeda di tiap-tiap kop.
penambahan komponen dinamis block kop gambar |
Kemudian aktifkan layout 1 dengan cara meng-klik kiri pada tab layout1.
Sesuaikan kop dengan skala gambar. Misal masteran yang kita buat tadi untuk ukuran 1:100, maka untuk gambar dengan skala 1:20 cukup block kop tadi di scala 0,2. Dst.
aplikasi layout pada autocad |
Install program pdf creator www.pdfforge.org. *best regards to c4pt4in*
Program ini merupakan program gratis “pdf print spoiler”, atau print virtual untuk membuat output file menjadi pdf. Sebenarnya dari autocad sendiri juga sudah ada “plot to pdf”, menu tersebut bisa juga kita gunakan tapi hanya bisa digunakan satu halaman satu file pdf. Kalau jumlah lembar anda banyak (misalnya gambar kita ini), saya bisa jamin anda akan cepet capek, bosan, naik darah (halah) karena tiap sekali plot harus merename file pdf.
Kalau dengan program ini, anda Cuma perlu mem-plot sekali, trus dikumpulin, trus digabungin, dan hasilnya satu output file pdf dengan banyak lembar. Sebenarnya ada banyak program sejenis, misal nitro, adobe professional, dll, tapi kebanyakan program tersebut berbayar.
(walau bisa menggunakan crack, tapi kalau ada yang gratis kenapa harus bayar? Wkwkwk)
Saya merekomendasikan ini karena selama ini program ini sudah cukup mengakomodir kebutuhan saya dalam kaitannya dengan autocad.
Lalu tekan ctrl+p dan sampailah kita plot windows.
setting layout |
a. printer/plotter : jenis plotter (printer) yang digunakan. Bisa berupa print virtual (pdfcreator seperti gambar di atas), atau print fisik seperti canon, hp, Epson, dsb.
b. Paper size : ukuran kertas. Biasanya sebelum menggambar dimulai, harus ditentukan dulu ukuran kertas yang digunakan. Intinya disini, gambar dan teks pendukung masih layak untuk dibaca. Jadi kalau gambarnya sedikit dan relatif kecil, mungkin bisa digunakan A4.
Cara praktik paling simple adalah, misal kita pakai A4, setelah semua settingan selesai, tekan preview dan zoom sampai kira2 ukuran kertas di monitor sama dengan kertas A4 asli. Kalau monitor anda kecil, caranya dikira2 saja sambil dicek dengan cara didrag ke atas dan ke bawah.
Kalau salah satu sisi sudah sama (misal sisi vertical), biasanya sisi lainnya juga relative sama. Kemudian lihat apakah teksnya terlalu kecil atau nggak. Abaikan saja distorsi monitor, maksud saya teks sudah lumayan gede, tapi rusak sehingga tidak bisa dibaca. Dalam kenyataan, bila gambar itu di print, hurufnya jadi jelas kok. Yang penting sizenya.
Bila dalam suatu kasus anda harus mengeprint dalam ukuran A4, tapi gambar ukuran A3, salah satu solusinya adalah memecah gambar jadi 2. Dan masalah ini mungkin akan saya bahas dilain halaman.
c. What to plot : adalah jenis windows yang akan di plot. Pilihan layout disini maksudnya yang diplot adalah halaman layout. Biasanya kalau kepingin cepat, ya pakai “what to plot : window”.
Cara kerjanya aktifkan saja tab model, kemudian waktu selecting window, klik dari ujung kiri atas ke ujung kiri bawah kop. Tapi untuk multiple pages, saya sarankan memakai “what to plot : layout” saja. Agak sedikit lama settingan di awal, tapi akan sangat berguna di akhir. Option layout ini gunanya kalau nanti ada kesalahan di gambar, anda cukup mengedit gambar di tab model saja. Jadi setelah editing selesai, proses plot all cuman butuh satu-dua klik.
d. Plot style table : monochrome, ini artinya apapun warna yang digunakan sewaktu menggambar, autocad akan memaksa plotter membuat output gambar menjadi hitam putih. Kalau ingin output berwarna warni, pakai saja acad.ctb. Setting ini biasanya kepakai sewaktu sebuah warna gambar betul-betul penting. Misal untuk struktur yang rumit dan tumpang tindih, tiap elemen struktur ditandai dengan memberikan warna yang berbeda-beda.
Tapi dalam penggunaan umum, sebaiknya hindari memakai grayscale atau warna-warni, pertimbangannya adalah, gambar kerja seperti ini biasanya di fotocopy berulang kali. Dan pengalaman saya dengan grayscale dan hatch yang tipis akan hilang saat difotocopy.
e. Scale : 1 mm = 1 units. Mengenai skala mungkin akan saya lanjutkan di page yang lain dilain kesempatan.
f. Scale lineweights : menampilkan tebal tipis garis secara berbeda. Biasanya dalam sebuah gambar kerja, kop memakai garis yang tebal. Terus garis pada gambar utama rada tipis, terus garis ukuran lebih tipis lagi. Kalau ini di non aktifkan, maka hasil output akan menampilkan garis yang sama tebal walaupun di dalam proses menggambar kita setting secara berbeda.
Setelah itu kita lanjutkan dengan membuat viewport. Caranya buatlah rectangle se-mepet mungkin dengan border kertas (garis putus-putus).
membuat viewport pada layout |
Misal seperti gambar di atas, garis merah adalah rectangle yang baru saya buat. Tidak perlu presisi dengan ukuran tertentu, perinsipnya makin mepet makin bagus. Kemudian select rectangle yang baru dibuat tadi dan tempatkan dalam layer defpoints. Gunanya agar garis terluar yang nanti tercetak hanya garis kop.
Lalu klik menu view > viewports > objects. Dan klik pada rectangle yang baru dibuat tadi. Kemudian rectangle akan berubah jadi viewport.
Bila ingin settingan yang lebih cepat, anda tidak perlu membuat rectangle, tapi langsung saja view > viewports > 1 viewports. Kemudian klik dari pojok kiri atas ke pojok kanan bawah.
Option viewports object ini akan berguna saat nanti dalam sebuah paper ada banyak tempelan gambar detail.
Lalu aktifkan viewports, klik menu paper pada pojok kanan bawah
menggunakan paper space dan model space |
kemudian tempatkan gambar sampai terlihat hampir penuh di viewport.
menempatkan kop surat pada viewport |
kemudian pilih viewport scale > custom > add
setting skala gambar pada viewport |
buatlah settingan seperti di bawah
detail setting skala gambar |
kemudian tekan ok.
Lalu klik lagi tombol scala seperti gambar di atas dan skala yg baru kita buat akan muncul, kemudian pilih. Secara otomatis gambar di dalam viewport akan membesar atau mengecil menyesuaikan dengan skala yang baru kita buat.
menggunakan skala viewport untuk menempatkan gambar pada layout |
Setelah ter-zoom, dengan tool pan (bisa juga tahan scroll mouse kebawah), geser-geser gambar sampai garis bagian dalam kop masuk semua ke dalam box viewport (garis merah). Jangan sampai garis kop yang tepi juga ikut masuk karena nanti akan ikut tercetak, fungsinya hanya sebagai garis bantu untuk menempatkan kop.
Yang perlu di ingat, bila menggunakan pan dengan cara menahan scroll mouse kebawah, pastikan scroll tidak gerak maju/mundur sedikitpun. Karena bila bergerak sedikit saja, maka zoom-nya akan berubah yang berarti skala di viewport ikut berubah. Cara ngeceknya, pastikan dalam box scala tetap “a100”. Bila berubah menjadi 0,187xxx maka bisa dipastikan zoom kita sudah berubah. Bila sudah begini, ulangi lagi memilih scala “a100” yang kita buat tadi.
Bila sudah selesai, klik tombol model, sehingga sekarang kita berada pada posisi “paper”. Sebenarnya tidak dikembalikan juga tetap bisa terprint, tapi dengan mengaktifkan kembali posisi paper, viewport tadi menjadi terkunci. Jadi jika sekarang di zoom in/out, yang berubah hanya zoom di paper, tapi di viewport masih tetap.
Tahap selanjutnya adalah mengcopy layout.
Arahkan cursor ke tab layout 1, klik kanan, pilih move or copy. klik move to end, centang create a copy. Lalu akan muncul tab baru lagi dengan nama layout2. Copykan sebanyak jumlah halaman yang ada pada gambar.
perintah untuk mencopy layout |
Setting a100 tadi hanya berlaku untuk gambar dengan skala 1:100. Untuk skala yang lain, silakan buat sendiri. Misal untuk detail pondasi menggunakan 1:20, maka settingan di “add scala” adalah 1paper unit = 0,2 drawing unit.
hasil akhir copy-an layout |
Setelah semua layout tersetting, klik layout1, klik kanan, select all layout.
atau cara lainnya, klik layout 1, tahan tombol shift, klik layout 14 (jadi seperti memilih file di explorer, shift untuk memilih file pertama sampai akhir pilihan, dan ctrl untuk memilih file tertentu).
Lalu publish selected layouts. Lalu muncul jendela seperti di bawah ini.
mem-plot semua layout |
hilangkan centang publish in background, item ini gunanya agar sambil
mengeplot, autocad juga masih dapat digunakan untuk menggambar lagi.
Option ini membuat proses plotting jadi benar-benar lama, maka sebaiknya
dikosongi saja.
Konsekwensinya setelah diklik tombol publish, autocad tidak dapat digunakan untuk sementara sampai proses spoiling (pengumpulan berkas) selesai. Tapi biasanya proses ini tidak terlalu lama, selama spek computer anda masih manusiawi, saya rasa waiting time ikut manusiawi juga.
Konsekwensinya setelah diklik tombol publish, autocad tidak dapat digunakan untuk sementara sampai proses spoiling (pengumpulan berkas) selesai. Tapi biasanya proses ini tidak terlalu lama, selama spek computer anda masih manusiawi, saya rasa waiting time ikut manusiawi juga.
Sesaat kemudian akan muncul jendela PDFCreator, tekan saja tombol wait and collect.
mengumpulkan hasil plot dengan program pdf spoiler |
cara menggabungkan agar semua gambar menjadi 1 file pdf |
Setelah yakin benar urutan dan jumlah layoutnya, click tombol combine all, kemudian computer akan bekerja untuk sesaat, dan muncullah 1 layout baru dengan ukuran yang gede dan tambahan 1 pada file namenya.
kemudian tekan tombol print > save dan arahkan ke folder yang di inginkan.
0 komentar:
Posting Komentar