PEDOMAN MERUMUSKAN VISI, MISI,
DAN TUJUAN MADRASAH


A.    Visi
Visi adalah wawasan yang menjadi sumber arahan bagi madrasah dan digunkan untuk memandu perumusan misi madrasah. Dengan kata lain, visi adalah pandangan jauh ke depan ke mana madrasah akan dibawa. Visi adalah gambaran masa depan yang diinginkan oleh madrasah agar madrasah yang bersangkutan dapat menjamin kelangsungan hidup dan perkembangannya.
      Gambaran masa depan madrasah (visi) tentunya harus didasarkan pada landasan yuridis, yaitu undang-undang pendidikan dan sejumlah peraturan pemerintahannya, khususnya tujuan pendidikan nasional sesuai jenjang dan jenis madrasahnya dan sesuai dengan profil madrasah yang bersangkutan. Dengan kata lain, visi madrasah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional, tetapi sesuai dengan kebutuhan anak dan masyarakat yang dilayani. Tujuan pendidikan nasional sama, tetapi profil madrasah khususnya potensi dan kebutuhan masyarakat yang dilayani madrasah tidak selalu sama. Oleh karena itu, dimungkinkan madrasah memiliki visi yang tidak sama dengan madrsah lain, asalkan tidak keluar dari koridor nasional, yaitu tujuan pendidikan nasional.

Perhatikan contoh visi madrasah berikut!

a.       Madrasah yang terletak di kota besar, peserta didiknya berasal dari keluarga mampu berpendidikan tinggi yangh memiliki harapan anaknya menjadi orang hebat, lulusannya melanjutkan ke madrasah favorit yang lebih tinggi, dapat merumuskan visinya : UNGGUL DALAM BERIBADAH, BERAKHLAQUL KARIMAH, BERPRESTASI,DAN TERAMPIL.

b.      Madrasah yang terletak di perkotaan, mayoritas peserta didiknya berasal dari keluarga mampu dan hampir seluruh lulusannya ingin melanjutkan ke madrasah yang lebih tinggi, dapat merumuskan visinya :UNGGUL DALAM PRESTASI BERDASARKAN IMTAQ.

c.       Madrasah yang terletak di daerah pedesaan yang umumnya tidak maju dari madrasah di perkotaan dan banyak peserta didiknya tidak melanjutkan ke madrasah yang lebih tinggi, dapat merumuskan visinya : TERDIDIK DAN TERAMPIL BERDASARKAN IMTAQ.

d.      Madrasah yang terletak di daerah pinggiran kota (urban) yang umumnya tingkat kemajuannya menengah dibanding madrasah di perkotaan atau pedesaan; masyarakatnya pekerja, lingkungannya abangan, perilaku moral rendah, dan banyak peserta didiknya tidak melanjutkan ke madrasah yang lebih tinggi, dapat merumuskan visinya : BERAKHLAQUL KARIMAH DAN TERAMPIL BERDASARKAN IMTAQ.           

Keempat visi di atas, sama-sama benar sepanjang masih dalam koridor tujuan pendidikan nasional. Tentu saja, perumusan visi harus disesuaikan dengan tujuan dari setiap jenjang dan jenis madrasah sebagaimana dituliskan dalam peraturan pemerintah.

Visi yang pada umumnya dirumuskan dalam kalimat yang filosofis seperti contoh di atas, seringkali memiliki aneka tafsir. Setiap orang dapat menafsirkan secara berbeda-beda sehingga dapat menimbulkan perselisihan dalam implementasinay. Bahkan jika terjadi penggantian pimpinan madrasah maka kepala madrasah yang baru tidak jarang memebri tafsir yang berbeda dengan kepala madrasah sebelumnya. Oleh karena itu, agar tidak memberikan tafsir yang berbeda, visi itu sebaiknya diberikan penjelasan berupa indikator-indikator (penanda-penanda) apa yang dimaksudkannya.



Perhatikan contoh penjelasan indikator-indikator visi!

a.       Visi Unggul dalam Prestasi Berdasarkan Imam dan Taqwa dapat dijabarkan indikator sebagai berikut.

Visi
Indikator
Unggul dalam prestasi
·     Unggul dalam perolehan UN
·     Unggul dalam persaingan melanjutkan ke jenjang pendidikan di atasnya
·     Unggul dalam karya ilmiah remaja
·     Unggul dalam lomba kreativitas
·     Unggul dalam lomba kesenian
·     Unggul dalam lomba olahraga
Beriman dan bertaqwa
·     Unggul dalam disiplin
·     Unggul dalam aktivitas keagamaan
·     Unggul dalam kepedulian sosial

b.      Visi Unggul dalam Beribadah, Berakhlaqul karimah, Berprestasi, dan Terampil  dapat dijabarkan indikator sebagai berikut

Visi
Indikator
Unggul dalam beribadah
·     Hafal dan fasih bacaan sholat, gerakan sholat, dan keserasian gerakan dan bacaan
·     Hafal dan fasih do’a setelah sholat
·     Hafal dan fasih do’a-do’a harian muslim
·     Tertib menjalankan sholat fardhu
·     Tertib menjalankan sholat sunah rowatib
·     Dll
Unggul dalam berakhlaqul karimah
·     Jujur
·     Amanah
·     Sidiq
·     Fatonah
·     Disiplin
·     Sportif
·     Tanggung jawab
·     Percaya diri
·     Hormat kepada orang tua dan guru
·     Menyayangi sesama
·     Suka menolong
·     Dll
Unggul dalam prestasi
·     Unggul dalam pencapaian nilai UAM di atas rata-rata madrasah
·     Unggul dalam berbagai lomba mapel
·     Unggul dalam lomba KIR
·     Unggul dalam berbagai lomba olahraga
·     Unggul dalam berbagai lomba seni
·     Unggul dalam  lomba keagamaan
·     Unggul dalam lomba pidato
·     Unggul dalam  lomba menulis kreatif (sastra)
·     Dll
Unggul dalam keterampilan (life skill)
·     Terampil mengoperasikan aplikasi komputer dan internet
·     Terampil dalam menjalankan keterampilan hidup (life skills)
·     Terampil menjadi public speaker
·     Dll

B.     Misi
      Misi adalah tindakan untuk mewujudkan/merealisasikan visi. Karena visi harus mengakomodasi semua kelompok kepentingan di madrasah, misi dapat juga diartikan sebagai tindakan untuk memenuhi kepentingan tiap-tiap kelompok yang terkait dengan madrasah.
Dalam merumuskan misi harus memepertimbangkan tugas pokok madrasah dan kelompok-kelompok kepentingan yang terkait dengan madrsah. Dengan kata lain, misi adalah bentuk layanan untuk memenuhi tuntutan yang dituangkan dalam visi dengan berbagai indikatornya.

Perhatikan contoh jabaran misi berdasarkan visi!

Visi
Indikator
Unggul dalam Prestasi Berdasarkan Iman dan Taqwa
·     Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap peserta didik berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki
·     Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga madrasah
·     Mendorong dan membantu setiap peserta didik untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal
·     Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa ssehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
·     Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga madrasah dan kelompok kepentingan yang terkait dengan madrasah.
Unggul dalam beribadah, berakhlaqul karimah, berprestasi, dan terampil
·     Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran Islam sehingga peserta didik menjadi tekun beribadah, jujur, disiplin, sportif, tanggung jawab, percaya diri hormat pada orang tua, dan guru serta menyayangi sesama.
·     Melaksanakan pembelajaran dan pendampingan secara efektif sehingga setiap peserta didik dapat berkembang secara optimal dengan memiliki nilai UN di atas standar minimal, unggul dalam prestasi keagamaan, dan unggul dalam keterampilan sebagai bekal hidup di masyarakat.
·     Melaksanakan pembelajaran ekstrakurikuler secara efektif sesuai dengan bakat dan minat sehingga setiap peserta didik memiliki keunggulan dalam berbagai lomba keagamaan, unggul dalam berbagai lomba olahraga dan seni.
·     Menumbuhkan sikap gemar membaca dan selalu haus akan pengetahuan.
·     Melaksanakan tata tertib madrasah secara konsisten dan konsekuen.
·     Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga madrasah dan stakeholder.
·     Melaksanakan pembinaan dan penelitian peserta didik
·     Mengadakan komunikasi dan koordinasi antarmadrasah, masyarakat, orang tua dan instansi lain yang terkait secara periodik berkesinambungan.

C.    Tujuan Madrasah
      Setelah dirumuskan visi dan misi, selanjutnya madrasah merumuskan tujuan. Tujuan merupakan ”apa” yang akan dicapai/dihasilkan oleh madrasah yang bersangkutan dan ”kapan” tujuan akan dicapai. Jika visi dan misi terkait dengan jangka waktu yang panjang, tujuan dikaitkan dengan jangka waktu yang pendek, yaitu + 3 s.d. 5 tahun. Dengan demikian, tujuan pada dasarnya merupakan tahapan wujud madrasah menuju visi yang telah dicanangkan.
      Jika visi merupakan gambaran madrasah di masa depan secara utuh (ideal), tujuan yang ingin dicapai dalam jangka waktu 3 s.d 5 tahun mungkin belum seideal visi atau belum selengkap visi. Dengan kata lain, tujuan dapat terwujud sebagian dari visi.

Perhatikan contoh jabaran tujuan madrasah berdasarkan visi!

Visi
Indikator
Unggul dalam Prestasi Berdasarkan Iman dan Taqwa
·     Pada tahun 2009 rata-rata UN mencapai nilai minimal 7,0
·     Pada tahun 2009 proporsi lulusan yang melanjutkan ke madrasah unggul minimal 40%.
·     Pada tahun 2009 memiliki kelompok KIR dan  mampu menjadi finalis LKIR tingkat nasional.
·     Pada tahun 2009 memiliki tim olahraga minimal 3 cabang dan mampu menjadi finalis tingkat provinsi.
·     Pada tahun 2009 memiliki tim kesenian yang mampu tampil pada acara setingkat kabupaten/kota.
·     Dll
Unggul dalam beribadah, berakhlaqul karimah, berprestasi, dan terampil
Pada akhir tahun ajaran 2009/2010 madrasah dapat :
1.   Memperoleh nilai UN rata-rata 7,0.
2.   Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan pendekatan yang bervariasi, inovatif, dan bermakna, di antaranya CTL serta layanan bimbingan dan konseling.
3.   Meningkatkan jumlah peserta didik yang diterima di madrasah favorit/unggul sekurang-kurangnya 75% dari jumlah yang lulus.
4.   Mengembangkan kedisiplinan dariseluruh komponen madrasah (stake holder) untuk membentuk kepribadian yang tangguh dan kokoh sebagai dasar dalam setiap aktivitas serta sebagai aset madrasah.
5.   Meningkatkan aktivitas dan kreativitas peserta didik melalui pelaksanaan kegiatan intra dan ekstrakurikuler
6.   Mampu menempatkan diri sebagai madrasah yang mengembangkan perdidikan berbasis ICT.
7.   Melestarikan budaya daerah melalui mulok bahasa daerah dengan indikator 85% peserta didik mampu berbahasa Jawa sesuai konteks yang ada.
8.   Membekali sekurang-kurangnya 95% peserta didik mampu membaca dan menulis Al Qur’an
9.   Membekali 100% peserta didik mampu mengakses informasi yang positif dari internet
10.              Membiasakan sekurang-kurangnya 95% peserta didik terbiasa sholat berjamaah.