PEDOMAN MERUMUSKAN VISI, MISI,
DAN TUJUAN MADRASAH
A. Visi
Visi adalah wawasan yang menjadi sumber arahan
bagi madrasah dan digunkan untuk memandu perumusan misi madrasah. Dengan kata
lain, visi adalah pandangan jauh ke depan ke mana madrasah akan dibawa. Visi
adalah gambaran masa depan yang diinginkan oleh madrasah agar madrasah
yang bersangkutan dapat menjamin kelangsungan hidup dan perkembangannya.
Gambaran
masa depan madrasah (visi) tentunya harus didasarkan pada landasan yuridis,
yaitu undang-undang pendidikan dan sejumlah peraturan pemerintahannya,
khususnya tujuan pendidikan nasional sesuai jenjang dan jenis madrasahnya dan
sesuai dengan profil madrasah yang bersangkutan. Dengan kata lain, visi
madrasah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional, tetapi sesuai
dengan kebutuhan anak dan masyarakat yang dilayani. Tujuan pendidikan nasional
sama, tetapi profil madrasah khususnya potensi dan kebutuhan masyarakat yang
dilayani madrasah tidak selalu sama. Oleh karena itu, dimungkinkan madrasah memiliki
visi yang tidak sama dengan madrsah lain, asalkan tidak keluar dari koridor
nasional, yaitu tujuan pendidikan nasional.
Perhatikan contoh visi madrasah berikut!
a. Madrasah yang
terletak di kota besar, peserta didiknya berasal dari keluarga mampu berpendidikan
tinggi yangh memiliki harapan anaknya menjadi orang hebat, lulusannya
melanjutkan ke madrasah favorit yang lebih tinggi, dapat merumuskan visinya : UNGGUL
DALAM BERIBADAH, BERAKHLAQUL KARIMAH, BERPRESTASI,DAN TERAMPIL.
b. Madrasah yang
terletak di perkotaan, mayoritas peserta didiknya berasal dari keluarga mampu
dan hampir seluruh lulusannya ingin melanjutkan ke madrasah yang lebih tinggi,
dapat merumuskan visinya :UNGGUL DALAM PRESTASI BERDASARKAN IMTAQ.
c. Madrasah yang
terletak di daerah pedesaan yang umumnya tidak maju dari madrasah di perkotaan
dan banyak peserta didiknya tidak melanjutkan ke madrasah yang lebih tinggi,
dapat merumuskan visinya : TERDIDIK DAN TERAMPIL BERDASARKAN IMTAQ.
d. Madrasah yang
terletak di daerah pinggiran kota (urban) yang umumnya tingkat kemajuannya
menengah dibanding madrasah di perkotaan atau pedesaan; masyarakatnya pekerja,
lingkungannya abangan, perilaku moral rendah, dan banyak peserta didiknya tidak
melanjutkan ke madrasah yang lebih tinggi, dapat merumuskan visinya : BERAKHLAQUL
KARIMAH DAN TERAMPIL BERDASARKAN IMTAQ.
Keempat visi di atas, sama-sama benar sepanjang
masih dalam koridor tujuan pendidikan nasional. Tentu saja, perumusan visi
harus disesuaikan dengan tujuan dari setiap jenjang dan jenis madrasah sebagaimana
dituliskan dalam peraturan pemerintah.
Visi yang pada umumnya dirumuskan dalam kalimat
yang filosofis seperti contoh di atas, seringkali memiliki aneka tafsir. Setiap
orang dapat menafsirkan secara berbeda-beda sehingga dapat menimbulkan
perselisihan dalam implementasinay. Bahkan jika terjadi penggantian pimpinan
madrasah maka kepala madrasah yang baru tidak jarang memebri tafsir yang
berbeda dengan kepala madrasah sebelumnya. Oleh karena itu, agar tidak
memberikan tafsir yang berbeda, visi itu sebaiknya diberikan penjelasan berupa
indikator-indikator (penanda-penanda) apa yang dimaksudkannya.
Perhatikan contoh penjelasan
indikator-indikator visi!
a. Visi Unggul
dalam Prestasi Berdasarkan Imam dan Taqwa dapat dijabarkan indikator
sebagai berikut.
Visi
|
Indikator
|
Unggul dalam prestasi
|
· Unggul dalam
perolehan UN
· Unggul dalam
persaingan melanjutkan ke jenjang pendidikan di atasnya
· Unggul dalam karya
ilmiah remaja
· Unggul dalam lomba
kreativitas
· Unggul dalam lomba
kesenian
· Unggul dalam lomba
olahraga
|
Beriman dan bertaqwa
|
· Unggul dalam
disiplin
· Unggul dalam
aktivitas keagamaan
· Unggul dalam
kepedulian sosial
|
b. Visi Unggul
dalam Beribadah, Berakhlaqul karimah, Berprestasi, dan Terampil dapat dijabarkan indikator sebagai berikut
Visi
|
Indikator
|
Unggul dalam beribadah
|
· Hafal dan fasih
bacaan sholat, gerakan sholat, dan keserasian gerakan dan bacaan
· Hafal dan fasih
do’a setelah sholat
· Hafal dan fasih
do’a-do’a harian muslim
· Tertib menjalankan sholat
fardhu
· Tertib menjalankan sholat
sunah rowatib
· Dll
|
Unggul dalam berakhlaqul karimah
|
· Jujur
· Amanah
· Sidiq
· Fatonah
· Disiplin
· Sportif
· Tanggung jawab
· Percaya diri
· Hormat kepada orang
tua dan guru
· Menyayangi sesama
· Suka menolong
· Dll
|
Unggul dalam prestasi
|
· Unggul dalam
pencapaian nilai UAM di atas rata-rata madrasah
· Unggul dalam
berbagai lomba mapel
· Unggul dalam
lomba KIR
· Unggul dalam
berbagai lomba olahraga
· Unggul dalam
berbagai lomba seni
· Unggul
dalam lomba keagamaan
· Unggul dalam
lomba pidato
· Unggul dalam lomba menulis kreatif (sastra)
· Dll
|
Unggul dalam keterampilan (life skill)
|
· Terampil
mengoperasikan aplikasi komputer dan internet
· Terampil dalam
menjalankan keterampilan hidup (life skills)
· Terampil menjadi
public speaker
· Dll
|
B. Misi
Misi
adalah tindakan untuk mewujudkan/merealisasikan visi. Karena visi harus
mengakomodasi semua kelompok kepentingan di madrasah, misi dapat juga diartikan
sebagai tindakan untuk memenuhi kepentingan tiap-tiap kelompok yang terkait
dengan madrasah.
Dalam merumuskan misi harus memepertimbangkan
tugas pokok madrasah dan kelompok-kelompok kepentingan yang terkait dengan
madrsah. Dengan kata lain, misi adalah bentuk layanan untuk memenuhi tuntutan
yang dituangkan dalam visi dengan berbagai indikatornya.
Perhatikan contoh jabaran misi berdasarkan
visi!
Visi
|
Indikator
|
Unggul dalam Prestasi Berdasarkan Iman dan Taqwa
|
· Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap peserta didik
berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki
· Menumbuhkan
semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga madrasah
· Mendorong dan
membantu setiap peserta didik untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat
dikembangkan secara optimal
· Menumbuhkan
penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa ssehingga
menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
· Menerapkan manajemen
partisipatif dengan melibatkan seluruh warga madrasah dan kelompok
kepentingan yang terkait dengan madrasah.
|
Unggul dalam beribadah, berakhlaqul karimah, berprestasi, dan terampil
|
· Menumbuhkan
penghayatan dan pengamalan ajaran Islam sehingga peserta didik menjadi tekun
beribadah, jujur, disiplin, sportif, tanggung jawab, percaya diri hormat pada
orang tua, dan guru serta menyayangi sesama.
· Melaksanakan
pembelajaran dan pendampingan secara efektif sehingga setiap peserta didik
dapat berkembang secara optimal dengan memiliki nilai UN di atas standar
minimal, unggul dalam prestasi keagamaan, dan unggul dalam keterampilan
sebagai bekal hidup di masyarakat.
· Melaksanakan
pembelajaran ekstrakurikuler secara efektif sesuai dengan bakat dan minat
sehingga setiap peserta didik memiliki keunggulan dalam berbagai lomba
keagamaan, unggul dalam berbagai lomba olahraga dan seni.
· Menumbuhkan sikap
gemar membaca dan selalu haus akan pengetahuan.
· Melaksanakan tata
tertib madrasah secara konsisten dan konsekuen.
· Menerapkan manajemen
partisipatif dengan melibatkan seluruh warga madrasah dan stakeholder.
· Melaksanakan
pembinaan dan penelitian peserta didik
· Mengadakan
komunikasi dan koordinasi antarmadrasah, masyarakat, orang tua dan instansi
lain yang terkait secara periodik berkesinambungan.
|
C. Tujuan Madrasah
Setelah
dirumuskan visi dan misi, selanjutnya madrasah merumuskan tujuan. Tujuan
merupakan ”apa” yang akan dicapai/dihasilkan oleh madrasah yang bersangkutan
dan ”kapan” tujuan akan dicapai. Jika visi dan misi terkait dengan jangka waktu
yang panjang, tujuan dikaitkan dengan jangka waktu yang pendek, yaitu +
3 s.d. 5 tahun. Dengan demikian, tujuan pada dasarnya merupakan tahapan wujud
madrasah menuju visi yang telah dicanangkan.
Jika
visi merupakan gambaran madrasah di masa depan secara utuh (ideal), tujuan yang
ingin dicapai dalam jangka waktu 3 s.d 5 tahun mungkin belum seideal visi atau
belum selengkap visi. Dengan kata lain, tujuan dapat terwujud sebagian dari
visi.
Perhatikan contoh jabaran tujuan madrasah
berdasarkan visi!
Visi
|
Indikator
|
Unggul dalam Prestasi Berdasarkan Iman dan Taqwa
|
· Pada tahun 2009
rata-rata UN mencapai nilai minimal 7,0
· Pada tahun 2009
proporsi lulusan yang melanjutkan ke madrasah unggul minimal 40%.
· Pada tahun 2009
memiliki kelompok KIR dan mampu
menjadi finalis LKIR tingkat nasional.
· Pada tahun 2009
memiliki tim olahraga minimal 3 cabang dan mampu menjadi finalis tingkat
provinsi.
· Pada tahun 2009
memiliki tim kesenian yang mampu tampil pada acara setingkat kabupaten/kota.
· Dll
|
Unggul dalam beribadah, berakhlaqul karimah, berprestasi, dan terampil
|
Pada akhir tahun ajaran 2009/2010 madrasah dapat
:
1. Memperoleh nilai UN
rata-rata 7,0.
2. Mengoptimalkan
proses pembelajaran dengan pendekatan yang bervariasi, inovatif, dan
bermakna, di antaranya CTL serta layanan bimbingan dan konseling.
3. Meningkatkan jumlah
peserta didik yang diterima di madrasah favorit/unggul sekurang-kurangnya 75%
dari jumlah yang lulus.
4. Mengembangkan
kedisiplinan dariseluruh komponen madrasah (stake holder) untuk membentuk
kepribadian yang tangguh dan kokoh sebagai dasar dalam setiap aktivitas serta
sebagai aset madrasah.
5. Meningkatkan
aktivitas dan kreativitas peserta didik melalui pelaksanaan kegiatan intra
dan ekstrakurikuler
6. Mampu menempatkan
diri sebagai madrasah yang mengembangkan perdidikan berbasis ICT.
7. Melestarikan budaya
daerah melalui mulok bahasa daerah dengan indikator 85% peserta didik mampu
berbahasa Jawa sesuai konteks yang ada.
8. Membekali
sekurang-kurangnya 95% peserta didik mampu membaca dan menulis Al Qur’an
9. Membekali 100% peserta
didik mampu mengakses informasi yang positif dari internet
10.
Membiasakan sekurang-kurangnya 95% peserta didik
terbiasa sholat berjamaah.
|
0 komentar:
Posting Komentar