RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
                                                  Mata pelajaran    : TEMATIK
                                                  Tema                           : Peristiwa
                                                  Kelas / Semester  : I / II
                                                 Alokasi Waktu       : 30 menit

I.                   Standar Kompetensi
1.       IPA
 4. Mengenal berbagai bentuk dan manfaat benda dalam kehidupan sehari – hari
                   2.     Matematika
                         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka dalam
                           pemecahan masalah
3.      Bahasa Indonesia
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan , dan informasi secara lisan  dengan gambar , percobaan sederhana dan dongeng

II.                 Kompetensi Dasar
1.       IPA
4.1  Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan benda yang sulit bergerak melalui percobaan
2.      Matematika
2.1  Membilang banyak benda
3.      Bahasa Indonesia
6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti

III.              Indikator
4.      IPA
4.2  Membandingkan bentuk benda yang mudah bergerak dan benda sulit bergerak
5.      Matematika
5.1  Membilang banyak benda
6.      Bahasa Indonesia
6.1  Bertanya jawab dengan teman tentang gambar – gambar

IV.              Tujuan pembelajaran
1.      Melalui pengamatan siswa dapat menjelaskan bentuk benda
2.      Melalui percobaansiswa dapat membentuk benda mudah bergerak dan sulit bergerak
3.      Melalui pengamatan siswa dapat membilang banyak benda
4.      Melelui penjelasan guru siwa dapat menjelaskan isi gambar tunggal sederhana dengan bahasa yang mudah  dimengerti

V.                Materi
1.      Benda mudah bergerak dan sulit bergerak
2.      Membilang banyak benda
3.      Gambar tunggal sederhana

VI.              Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Tanya Jawab
4.      Penugasan

VII.           Langkah – Langkah Pembelajaran
A.      Kegiatan Awal ( 5 menit )
1.      Memberi salam
2.      Do’a bersama
3.      Mengabsen siswa
4.      Menanyakan keadaan siswa dan mengajukan pertanyaan sebagai berikut:
a.      Anak – anak tadi berangkat naik apa ?
b.      Mari kita menyanyi dulu lagu “ Naik Becak “

                                                  “ Naik Becak “
Saya mau tamasya berkeliling - keliling kota
Hendak melihat – lihat keramaian yang ada
Saya panggilkan becak kereta tak berkuda
Becak – becak coba bawa saya
Saya duduk sendiri sambil mengangkat kaki
Melihat dengan asyik kekanan dan kekiri
Lihat becak berlari bagaikan tak berhenti
Becak – becak jalan hati – hati

B.      Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
a.      Siswa dIberi kesempatan untuk mengamati bemda di sekitar
Tentang benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
b.      Guru meletakkan beberapa benda lalu siswa disuruh satu – persatu melakukan pengamatan.
c.       Membagi siswa menjadi 3 kelompok
2.       Elaborasi
a.      Masing masig kelompok mengambil beberapa macam benda yang dusediakan oleh guru
b.      Guru membagi lembar kerja siswa , siswa melaksanakan diskusi untuk menentukan benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak
c.       Siswa meyebutkan berapa banyak benda yang mudah  bergerak
d.      Siswa meyebutkan berapa banyak benda yang  sulit bergererak
Contoh : kelereng ada 5 buah , dsb
e.      Salah satu siswa mewakili kelompoknya menceritakan  kegunaan benda – denda tersebut dengan bahasa yang mudah dimengerti
Contoh , Bola bentunya bundar digunakan untuk bermain sepak bola
f.        Kelompok siswa yang lain menanggapi  atau menambahi cerita kelompok yang maju


3.      Konfirmasi
a.      Masing – masing kelompok mempresentasikan hasilnya secara bergantian
b.      Siswa bersama guru membahas hasil kelompok
c.       Pemajangan hasil kerja keompok.
C.      Kegiatan akhir  ( 3 menit )
       Evaliasi
1.      Siswa mengerjakan tes formatif
2.      Guru mengoreksi tes formatif dan mengumumkan hasilnya
3.      Guru mengakhiri pelajaran dengan dengan memotivasi siswa untuk belajar dengan rajin dan memberi salam.

VIII.         Sarana dan Prasarana
a.      Media alat
Bola , kelerng , dadu , tempat odol , kapur
b.      Sumber belajar
1.      Buku IPA kelas I , BSE karangan Sri Purwati
2.      Buku IPA seri Tematik lelas I dari Pemkot Semarang
3.      Buku Matematika kelas I  BSE karangan Djaelani dan Hartoyo
4.      Buku Bhasa Indonesia kelas I ,BSE 
IX.              Penilaian
A.      Jenis Tes
1.      Tes Lisan  , Tes awal dalam proses
2.      Tes Tindakan  , tes waktu melaksanakan percobaan
3.      Tes Akhir ,
B.      Bentuk Tes
1.      Pilihan ganda
2.      Isian
3.      Uraian
C.      Alat tes
1.      Butir Soal
2.      Kunci Jawaban
3.      Pedoman Penilaian
X.                  Lembar Evaluasi
I.         Berilah tanda ( X ) pada huruf a, b,  atau c  pada jawaban yang kamu anggap benar
1.      Bentuk benda yang palingmudah bergerak adalah …
a.      Kelereng          b. buku            c. penghapus


2.       
Setelah dihitung jumlah kelereng ada …
a.      9                            b. 5                             c. 10

3.      Bermain . . . . .  sangat menyenangkan.
a.      petak umpet          b. kejar – kejaran        c. bola

II.       Isilah titik dibawah ini dengan jawaban yang benar !
4.      Penggari adalah contoh benda yang . . . . . . . . .. . .
5.      Kelereng , bola berbentuk . . . . . . . . . . . . . . .  . .

III.     Jawablah pertanyaan dibawah inidengan tepat !

               Gambar roda





6.                                              Mengapa benda disamping mudah bergerak ?









Kunci Jawaban

I.                    1. A            2. C      3. C
II.                  4. Sulit bergerak               5. Bulat
III.                6. Karena berbentuk lingkaran / bulat



Skor Penilaian
I.                    Benar  x 10  = 3 x10   =  30
II.                  Benar  x 20  = 2 x 20  =   40
III.                Banar  x 30  =  1 x 30 =  30
                                                      
                                                                                   = 100







                                       
                                                                                           Semarnag ,  .....................
        Mengetahui                                                                            Guru Kelas



  (                                   )                                                                ..............................................