Menurut istilahnya media berasal dari kata medium yang dapat didefenisikan sebagai perantara atau pengantar terjadinya komunikasi dari pengirim menuju penerima. Berdasarkan defenisi tersebut, dapat dikatakan proses pembelajaran merupakan proses komunikasi. Jadi, media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran) sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Kalau kita hubungkan dengan pembelajaran IPA, maka IPA di sekolah sangat memerlukan media yang dapat menjelaskan materi yang bersifat abstrak agar menjadi lebih nyata di hadapan siswa. Untuk tujuan tersebut media animasi flash merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan guru di dalam pembelajaran kimia. Di bawah ini ada 45 animasi flash dalam bentuk swf yang dapat di-download secara gratis dengan cara meng-klik setiap judul yang ada dan dapat digunakan langsung di dalam kelas. Mudah-mudahan bermanfaat.

Catatan: Anda hanya tinggal klik saja setiap file yang ada, kecuali jika Anda belum mempunyai flash palyer dapat download disini.
1. Anatomi Jantung
2. Anatomi Tangan
3. Anatomi Paru-paru
4. Anatomi Tulang Belakang
5. Anatomi Asam Laktat
6. Anatomi Asma
7. Anatomi Carpal Tunnel Syndrome
8. Anatomi Counter Coup
9. Anatomi Homosistein
10. Efek Makan Cokelat
11. Efek Paracetamol
12. Efek Stroke Pada Otak
13. Fisiologi Otot
14. Gerakan Otot
15. Fungsi Ginjal
16. Infeksi HIV/AIDS
17. Jaringan Otot dan Fungsinya
18. Mekanisme Pernafasan
19. Kekebalan Tubuh
20. Proses Metabolisme Tubuh
Semoga bermanfaat.