BAB I
PENGERTIAN
I. Pengertian Media Pengajaran
Media pembelajaran itu pada umumnya adalah merupakan suatu alat Bantu.
Dan sering ditemmukan semacam kebingungan atau kerancuan dalam
penggunaan istilah pendidikan dan pengajaran. Ada orang berpendapat
bahwa pendidikan tidak sama dengan pengajaran dan ada juga yang
berpendapat pendidikan lebih luas dari pengajaran. Ada juga yang
mengatakan pendidikan adalah suatu usaha pengembangan aspek rohani
manusia sedangkan pengajaran aspek jasmani dan akal saja. Setelah
penulis menelaah berbagai media (buku sumber) terdapat beberapa
penelitian media pengajaran diantaranya:
(a) Pengajaran : Hanyalah salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh pendidikan dalam mendidik anak didiknya.
Disekolah
– sekolah sekarang, tak pelak lagi, usaha pengajaran inilah yang
semakin menonjol dan ditonjolkan, disertai semakin sedikitnya usaha –
usaha lain. Bila usaha – usaha selain pengajaran amat kurang dilakukan
di sekolah, kiranya dapat diduga hasil pendidikan tidak akan sempurna,
yang mana artinya pendidikan tidak akan berhasil dalam mengembangkan
anak didik secara utuh dan maksimal.
(b)
Pengajaran : Yakni merupakan suatu benda, alat. Metoda untuk membantu
meningkatkan efektifitas seorang guru dengan siswa dalam suatu proses
belajar mengajar
BAB II
PENJELASAN
I. Tujuan Media Pengajaran
Pada
jalan pengajaran murid – murid akan aktif belajar dan guru bertindak
sebagai pembimbing belajar langkah demi langkah, yaitu dari frame satu
ke frame selanjutnya, sampai terbentuk pola tingkah laku sebagaimana
dikehendaki Tujuan Pengajaran (TIK), dari konsep inilah dikembangkan
metode pengajaran berprogram apabila ditinjau lebih dalam lagi tujuan
dari penggunaan media itu adalah untuk mempermudah dan lebih menarik
perhatian siswa sehingga dapat mendorong suatu motivasi belajar dan juga
akan lebih bervariasi / tidak monoton sehingga akan lebih jelas
maknanya dan mudah untuk dipahami oleh para siswa didik
II. Syarat – Syarat Pemilihan Media Pengajaran
Di
dalam memilih bahan pengajaran itu konsep yang harus diterapkan guru
adalah bahwa tugas guru bukanlah mengajarkan pengetahuan, tugas guru
bukanlah mengajarkan isi buku atau bab dari buku melainkan tugas guru
itu sebenarnya adalah untuk mencapai tujuan pengajaran, ini berarti
pemilihan media pengajaran sangatlah penting untuk perumusan tujuan
media pengajaran
Dan
untuk mengetahui syarat – syarat pemilihan media pengajaran itu kita
lihat dulu rencana untuk menyampaikan suatu pengajaran yang mana
diantaranya:
a) Keadaan murid yang mencakup pertimbangan tentang tingkat kecerdasan, kematangan, perbedaan individu dan lainnya
b) Tujuan yang hendak di capai; jika tujuannya pebinaan daerah kognitif maka metode drill lunang tepat digunakan
c) Metode ceramah harus mempertimbangkan antara lain jangkauan suara guru
d) Alat – alat yang tersedia akan mempengaruhi pemilihan metode yang akan digunakan
e) Kemampuan
Sedangkan syarat – syarat pemilihan media pengajaran itu diantaranya:
Sedangkan syarat – syarat pemilihan media pengajaran itu diantaranya:
a. Suatu proses media harus sesuai dengan apa yang akan disampaikan
b. Suatu bahan kajian harus termasuk konsep media
c. Pemberian tugas dan resitasi harus sesuai dengan media yang mana akan disampaikan
d. Media pengajaran yang akan disampaikan harus disesuaikan dengan kemampuan para siswa didik
e. Konsep dalam menentukan media harus berdasarkan materi yang disampaikan
III. Media Pengajaran Sebagai Alat Untuk Meningkatkan
Apabila
ditinjau lebih dalam tentang media pengajaran itu yaitu terwujudnya
tujuan itu, pada umumnya para guru sudah puas apabila para pelajar sudah
dapat menguasai media pengajaran. Apabila hal ini berjalan terus maka
akan menimbulkan suatu proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
Agar para pelajar mampu mengembangkan suatu media pengajaran yang
diteimanya dari guru, ada berbagai faktor yang harus di rubah dan
dikembangkan dalam dunia pendidikan dan pengajaran, salah satu faktor
yang dimaksud adalah perubahan dan pengembangan serta pemakaian metode
media pengajaran dalam mendidik dan mengajar.
Media
pengajaran sebagai alat untuk meningkatkan pengajaran adalah sesuatu
media pengajaran yang mana segala kegiatannya itu menuntut keaktifan
pelajar lebih banyak (atau seimbang) dari keaktifan guru digolongkan ke
dalam media pengajaran yang modern. Maka dari itu dengan pengajaran
sangatlah berperan sekali terhadap kegiatan pengajaran dalam dunia
pendidikan dikarenakan dengan adanya media pengajaran dalam dunia
pendidikan berguna untuk meningkatkan pengajaran baik bagi guru pendidik
maupun anak didiknya.
0 komentar:
Posting Komentar