MENJAUHI YANG HARAM

Rasulullah saw bersabda :
“Buanglah kurma itu! Tidakkah engkau mengetahui bahwa kita tidak boleh memakan barang zakat?” (HR. Bukhari, Muslim)
Suatu ketika Rasulullah saw melihat Hasan bin Ali yang tak lain adalah cucu beliau sedang memakan kurma zakat. Nabi Muhammad pun melarang dan menyuruh cucunya tersebut untuk memuntahkan kurma yang tadi dimakannya. Mengapa makan kurma ko dilarang? Padahal kurma itu halal kan? Betul memang bahwa kurma itu halal namun bukan karena kurma termasuk barang yang haram melainkan karena kurma itu adalah kurma zakat sedangkan keluarga nabi Muhammad saw adalah termasuk orang yang haram memakan hasil zakat.
Teman-teman pasti tahu apa saja yang termasuk barang haram. Kalau di dalam Al-Qur’an telah disebutkan bahwa ada Khamr atau minuman keras, bangkai dan daging babi. Selain itu barang haram bisa juga tadinya merupakan barag halal. Lhoh kok bisa halal menjadi haram? Bisa saja contohnya buah mangga itu halal namun kalau buah mangga itu hasil curian atau kita mendapatkannya tanpa seijin yang punya maka akan menjadi haram karena mencuri termasuk perbuatan haram bagi umat islam.
Ada contoh lain lagi yaitu daging binatang yang disembelih untuk selain Allah, misalnya ayam yang disembelih tapi tujuanya untuk dijadikan tumbal kepada penunggu jembatan atau penunggu pohon yang dianggap angker. Hihi ada-ada saja ya memangnya jembatan ada penungunya? Jelas aja nggak ada.
Kira-kira apa ya untungnya kalau kita menjauhi barang haram? Ternyata banyak sekali keuntungannya teman-teman. Dengan menjauhi atau tidak meminum minuman keras maka kecerdasan otak dan kesehatan tubuh kita akan selalu terjaga. Minuman keras itu mengandung alkohol yang bisa menghilangkan kesadaran kita, di samping itu alkohol juga bisa menyerang kesehatan liver dan jantung. Orang yang meminum khamr pasti akan lupa dengan kewajibannya seperti sholat dan lain-lain. Jadi kalau seperti itu bisa kita ambil kesimpulan bahwa minuman keras itu memabukkan dan menjadi pintu kemaksiatan bagi kemaksiatan yang lain. Lebih baik kita jauhi minuman keras ini teman-teman kalau ada yang memberi kita minuman seperti itu ditolak saja agar kita terhindar dari kemaksiatan dan dosa, juga agar tubuh tetap sehat dan pikiran tetap jernih biar bisa belajar dan beribadah secara tekun.
Sekarang ini banyak orang yang menderita sakit akibat makan daging babi ataupun bangkai. Menurut penelitian dokter, dalam daging babi itu terdapat jutaan cacing pita yang tak lain adalah pembawa penyakit. Sedangkan bangkai atau daging dari binatang yang telah mati tanpa disembelih juga hampir sama dengan babi di dalamnya terdapat banyak sumber penyakit.
 Tapi nggak semua bangkai itu haram lho teman-teman. Ada dua binatang yang bangkainya halal dimakan. Belalang dan semua jenis binatang yang ada di laut itu halal dimakan meskipun mati tanpa disembelih.
Bukankah makanan dan minuman yang halal masih banya tersedia disekeliling kita? Tentu saja Allah telah menciptakannya untuk kita. Makan dan minum barang yang halal akan menjadikan tubuh kita sehat dan kuat serta terbebas dari sakit dan juga dosa. Buat yang sudah pernah makan atau minum barang haram jangan diulang lagi ya! Ingat juga ya mencuri itu bisa menjadikan barang halal menjadi haram lho.