Seberapa besar kita mengenal psikologi dalam kehidupan sehari-hari? Mungkin tidak banyak yang kita ketahui terkait dengan aplikasi praktis ilmu psikologi dalam kehidupan sehari-hari. Psikologi sendiri punya stigma negatif yang selalu dikait-kaitkan dengan gangguan jiwa, seperti kegilaan (insanity). Padahal psikologi itu sangat luas, karena dimana ada manusia, maka psikologi akan beperan serta. Berikut ini ada 10 hal yang psikologi lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup kita.

1. Hidup yang termotivasi

Photo courtesy Sanja Gjenero
Photo courtesy Sanja Gjenero
Hidup penuh dengan keinginan-keinginan yang ingin kita capai dan selesaikan. Apakah itu berhenti merokok, menurunkan berat badan, mempelajari bahasa baru, dll. Nah, dengan psikologi, kita dapat mempelajari cara bagaimana kita meningkatkan kapasitas otak dan kognitif kita untuk senantiasa termotivasi untuk menyelesaikan setiap goal dalam hidup kita.
Contoh sederhana yang dapat kita lakukan adalah member reward sendiri terhadap diri kita ketika kita telah berhasil melakukan sebuah tugas dengan baik, misalnya makan malam yang lebih mewah sedikit. Hal ini akan membatu kita untuk tetap termotivasi melakukan hal lain dan menyelesaikannya dengan baik.

Posted on 12/10/2012 09:04:00 AM by Unknown

No comments

Pendahuluan

Pemerintah telah bertekad untuk dapat memajukan masyarakat serta pendidikan nasional, yang berakar pada kebudayaan nasional (Pasal I ayat 2 Undang-Undang No II tahun 1989),  tekad ini  mengandung pengertian bahwa penyelenggaraan pendidikan Nasional akan selalu berpijak pada  bumi dan budaya Indonesia.  Berangkat dari permasalahan di atas, makalah ini disusun dan bertujuan untuk dapat mengungkap  bagaimana  upaya untuk dapat memahami psikologi masyarakat Indonesia sebagai upaya menjembatani permasalahan silang budaya, pemahaman ini diperlukan karena pada dasarnya kebudayaan pada suatu masyarakat merupakan perwujudan (pengejawantahan) manusiawi dari individu-individu yang berada dalam masyarakat pendukungnya sehingga  permasalahan  kebudayaan akan selalu berkembang sejalan dengan perkembangan pola pikir dan kebutuhan manusia yang sudah barang tentu  tidak bisa lepas dari aspek psikologis dan kepribadian dari orang-orang dalam masyarakat tersebut.
Dalam konsep yang paling dominan kebudayaan dapat dimaknai sebagai fenomena material, sehingga menurut faham ini pemahaman dan pemaknaan  kebudayaan lebih banyak dicermati  sebagai keseluruhan system gagasan, tindakan  dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar (Koentjaraningrat, 1980 : 193).  Sejalan dengan  pengertian tersebut  maka tingkah laku manusia sebagai anggota masyarakat akan terikat oleh kebudayaan yang terlihat wujudnya dalam berbagai pranata yang berfungsi sebagai mekanisme kontrol bagi tingkah laku manusia (Geertz, 1973),  kebudayaan adalah segala sesuatu  yang dipelajari dan dialami bersama secara sosial,  oleh para anggota suatu masyarakat. Sehingga suatu kebudayaan  bukanlah hanya akumulasi dari kebiasaan (Folkways)  dan tata kelakuan (mores )  tetapi suatu sistem perilaku yang terorganisasi.
             Masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai budaya secara logis akan mengalami berbagai permasalahan,  persentuhan antar budaya akan selalu terjadi  karena permasalahan silang budaya selalu terkait erat dengan  curural materialisme yang mencermati budaya dari  pola piker dan tindakan dari kelompok sosial tertentu dimana pola temperamen ini banyak ditentukan oleh  faktor keturunan  (genetic), ketubuhan dan hubungan sosial tertentu.  Nilai-nilai yang terkandung dalam kebudayaan menjadi acuan sikap dan perilaku manusia sebagai makhluk individual  yang tidak terlepas dari kaitannya pada kehidupan masyarakat  dengan orietasi kebudayaannya yang khas, sehingga baik pelestarian maupun pengembangan nilai-nilai budaya merupakan proses yang bermatra individual,  sosial dan cultural sekaligus. 

Posted on 12/10/2012 09:00:00 AM by Unknown

No comments

Pengertian Pelayanan secara Etimologis :
“ Something done to help or benefit another or others “
“ System or arrangement that supplies public needs “
(Oxford Advanced Learner’s Dictionary Current English, AS Hornby, Oxford University Press, 1983, p. 778)
Pelayanan adalah : “ Cara melayani, membantu menyiapkan, mengurus, menyelesaikan keperluan, kebutuhan seseorang atau sekelompok orang “
Pengertian Pelayanan secara Terminologis :
 “ Pelayanan adalah produk-produk yang tidak kasat mata (tidak dapat diraba) yang melibatkan usaha-usaha manusia dan menggunakan peralatan “ (Ivancevich, Lorenzi, Skinner dan Crosby, 1997:448)

Hakekat pelayanan publik adalah pemberian pelayanan prima kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban pemerintah sebagai abdi masyarakat.
Penjelasan lebih lengkap dapat teman-teman dwonload di bawah ini :

Posted on 12/07/2012 09:34:00 AM by Unknown

No comments

  Tolak ukur untuk tiga sudut pandang ini adalah :

1. Ekonomis, bisnis adalah baik, kalau menghasilkan laba.
2. Hukum, bisnis adalah baik, jika diperbolehkan oleh hukum.
3. Etika atau moral, bisnis lebih sulit ditentukan baik tidaknya bila dilihat dari sudut pandang moral/etika.
Menurut K. Bertens (2000) yang menjadi tolok ukur untuk menentukan baik buruknya suatu perbuatan atau tingkah laku adala :
1. Hati Nurani
2. Kaidah Emas
3. Penilaian Umum
Perkembangan Etika Bisnis
Menurut Richard De George (K.Bertens, 2000:37) mengusulkan untuk membedakan antara ethics in business dan business ethics (antara etika dalam bisnis dan etika bisnis). Sejak ada bisnis, sejak saat itu pula bisnis dihubungkan dengan etika.
Etika bisnis dalam arti khusus ini untuk pertama kali timbul di Amerika Serikat dalam tahun 1970-an dan cepat meluas ke kawasan dunia lainnya.
1. Situasi Dahulu
2. Masa peralihan tahun 1960-an
3. Etika bisnis lahir di Amerika Serikat tahun 1970-an
4. Etika bisnis meluas ke Eropa tahun 1980-an
5. Etika bisnis menjadi fenomena global tahun 1990-an
Profil Etika Bisnis Dewasa ini
Etika bisnis sudah mencapai status sebagai sumber bidang intelektual dan akademis yang patut diperhitungkan.
1. Praktis disegala bidang kawasan dunia etika bisnis diberikan sebagai mata kuliah di perguruan tinggi (menurut dugaan De George tahun 1987 di Amerika Serikat)
2. Banyak sekali publikasi diterbitkan tentang etika bisnis (menurut De George tahun 1987 di Amerika Serikat menyebutkan paling sedikit 20 buku pegangan etika bisnis dan 3 serial buku tentang etika bisnis)
3. Sudah cukup banyak jurnal ilmiah khusus tentang etika bisnis.
4. Kamus etika bisnis dalam berbahasa Jerman (judul : Lexikon der Wirtschaftsethik tahun 1993)
5. Sudah didirikan beberapa asosiasi atau himpunan dengan tujuan khusus memajukan etika bisnis.
6. Di Amerika Serikat dan Eropa Barat disediakan beberapa program studi tingkat S-1 dan S-3, khusus di bidang etika bisnis.
7. Sekarang dapat ditemukan juga banyak institut penelitian yang secara khusus mendalami masalah etika bisnis.
ETIKA DALAM BISNIS INTERNASIONAL
Dalam perspektif sejarah, perdagangan merupakan faktor penting dalam pergaulan antara bangsa-bangsa. Sejarawan besar dari Skotlandia, William Robertson (1721-1793), menegaskan bahwa, “perdagangan memperlunak dan memperluas cara pergaulan manusia.
Sedangkan filsuf dan ahli ilmu politik perancis, Montesquieu (1689-1755) bahwa, “hampir menjadi gejala umum bahwa dimana adat istiadat bersifat halus, di situ ada perdagangan, dan dimana ada perdagangan, di situ adat istiadat bersifat halus”.
Etika Pasar Bebas
David Gauthier (K. Bertens, 2000:139) mengatakan bahwa pasar yang sempurna tidak membutuhkan moralitas. Moralitas baru diperlukan bila pasar gagal atau mempunyai kekurangan-kekurangan.
Alasan tidak dibutuhkan moralitas :
1. Kompetisi berjalan dengan sempurna
2. Kepentingan-kepentingan pribadi masing-masing orang secara sempurna sesuai dengan kepentingan sosial seluruh masyarakat.
3. Setiap orang mengejar kepentingan diri yang selalu sejalan dengan dengan kepentingan diri dari pihak lain.
4. Semua orang mengambil keputusan rasional yang selalu cocok dengan keputusan rasional yang tepat dari orang lain.
Aspek-aspek etis dari korporasi multinasional
Korporasi multinasional (KMN) adalah perusahaan yang mempunyai investasi langsung dalam dua negara atau lebih.
Bentuk pengorganisasian KMN bisa berbeda-beda. Biasanya perusahaan-perusahaan di negara lain sekurang-kurangnya untuk sebagian dimiliki oleh orang setempat, sedangkan manajemen dan kebijakan bisnis yang umum ditanggung oleh pimpinan perusahaan di negara asalnya.
Menurut De George (K. Bertens, 2000:359)
Sepuluh aturan yang berguna untuk menilai etis tidaknya kegiatan Korporasi Multinasional (KMN) diantaranya tujuh norma pertama berlaku untuk semua KMN, sedangkan tiga aturan terkahir terutama dirumuskan untuk industri berisiko khusus seperti pabrik kimia atau pabrik nuklir. Kesepuluh aturan ini yaitu:
1. Korporasi multinasional tidak boleh dengan sengaja mengakibatkan kerugian langsung.
2. Korporasi multinasional harus menghasilkan lebih banyak manfaat daripada kerugian bagi negara di mana mereka beroperasi.
3. Dengan kegiatan korporasi multinasional itu harus memberi kontribusi kepada pembangunan negara di mana ia beroperasi.
4. Korporasi multinasional harus menghormati Hak Asasi Manusia dari semua karyawannya.
5. Sejauh kebudayaan setempat tidak melanggar norma-norma etis, korporasi multinasional harus menhormati kebudayaan lokal itu dan bekerja sama dengannya, bukan menentangnya.
6. Korporasi multinasional harus membayar pajak yang fair.
7. Korporasi multinasional harus bekerja sama dengan pemerintah setempat dalam mengembangkan “beckground institutions“ yang tepat.
8. Negara yang memiliki mayoritas saham sebuah perusahaan harus memikul tanggung jawab moral atas kegiatan dan kegagalan perusahaan.
9. Jika suatu korporasi multinasional membangun pabrik yang berisiko tinggi, ia wajib menjaga supaya pabrik itu aman dan dioperasikan dengan aman.
10. Dalam mengalihkan teknologi berisiko tinggi kepada negara berkembang, korporasi multinasional, wajib merancang kemblai sebuah teknologi demikian rupa, sehingga dapat dipakai dengan aman dalam negara baru yang belum berpengalaman.

Posted on 12/07/2012 09:24:00 AM by Unknown

No comments

 I.                  PENDAHULUAN
Pada awal tahun 1970-an berbicara mengenai penelitian agama dianggap tabu. Orang akan berkata : kenapa agama yang sudah begitu mapan mau diteliti ; agama adalah wahyu Allah. Sikap serupa terjadi di Barat. Dalam pendahuluan buku Seven Theories Of Religion dikatakan, dahulu orang Eropa menolak anggapan adanya kemumgkinan meniliti agama. Sebab, antara ilmu dan nilai, antara ilmu dan agama ( kepercayaan ), tidak bisa disinkronkan.[1]
Kehadiran agama Islam yang dibawa Nabi Muhammad Saw diyakini dapat menjamin terwujudnya kehidupan manusia yang sejahtera lahir dan batin. Petunjuk-petunjuk agama mengenai berbagai kehidupan manusia, sebagaimana terdapat di dalam sumber ajarannya, Alquran dan Hadis, tampak amat ideal dan agung. Islam mengajarkan kehidupan yang dinamis dan progresif, menghargai akal pikiran melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bersikap seimbang dalam memenuhi kebutuhan material dan spiritual, senantiasa mengembangkan kepedulian sosial, menghargai waktu, bersikap terbuka, demokratis, berorientasi pada kualitas, egaliter, kemitraan, anti-feodalistik, mencintai kebersihan, mengutamakan persaudaraan, berakhlak mulia dan bersikap positif lainnya.
II.               RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian metodologi studi islam dan ruang lingkupnya?
2.       Apa saja pendekatan-pendekatan dalam metodologi studi islam?
III.           PEMBAHASAN
  1. Pengertian metodologi studi islam dan ruang lingkupnya
1.      Pengertian metodologi
Menurut bahasa (etimologi), metode berasal dari bahasa Yunani, yaitu meta (sepanjang), hodos (jalan). Jadi, metode adalah suatu ilmu tentang cara atau lanhkah-langkah yang di tempuh dalam suatu disiplin tertentu untuk mencapai tujuan tertentu. Metode berarti ilmu cara menyampaikan sesuatu kepada orang lain. Metode juga disebut pengajaran atau penelitian.
Menurut istilah (terminologi), metode adalah ajaran yang memberi uraian, penjelasan, dan penentuan nilai. Metode biasa digunakan dalam penyelidikan keilmuan. Hugo F. Reading mengatakan bahwa metode adalah kelogisan penelitan ilmiah, sistem tentang prosedur dan teknik riset.
Ketika metode digabungkan dengan kata logos maknanya berubah. Logos berarti “studi tentang” atau “teori tentang”. Oleh karena itu, metodologi tidak lagi sekedar kumpulan cara yang sudah diterima(well received) tetapi berupa berupa kajian tentang metode. Dalam metodologi dibicarakan kajian tentang cara kerja ilmu pengetahuan. Pendek kata, bila dalam metode tidak ada perbedaan, refleksi dan kajian atas cara kerja ilmu pengetahuan, sebaliknya dalam metodologi terbuka luas untuk mengkaji, mendebat, dan merefleksi cara kerja suatu ilmu. Maka dari itu, metodologi menjadi menjadi bagian dari sistematika filsafat, sedangkan metode tidak.[2]
Metodologi adalah ilmu cara- cara dan langkah- langkah yang tepat ( untuk menganalisa sesuatu) penjelasan serta menerapkan cara.[3]
Istilah metodologi studi islam digunakan ketika seorang ingin membahas kajian- kajian seputar ragam metode yang biasa digunakan dalam studi islam. Sebut saja misalnya kajian atas metode normative, historis, filosofis, komparatif dan lain sebagainya. Metodologi studi islam mengenal metode- metode itu sebatas teoritis. Seseorang yang mempelajarinya juga belum menggunakannya dalam praktik. Ia masih dalam tahap mempelajari secara teoritis bukan praktis.
2.      Ruang lingkup studi Islam:
Agama sebagai obyek studi minimal dapat dilihat dari segi sisi:
a.       Sebagai doktrin dari Tuhan yang sebenarnya bagi para pemeluknya sudah final dalam arti absolute, dan diterima apa adanya.
b.      Sebagai gejala budaya, yang berarti seluruh yang menjadi kreasi manusia dalam kaitannya dengan agama, termasuk pemahaman orang terhadap doktrin agamanya.
c.       Sebagai interaksi social, yaitu realitas umat Islam.
Bila islam dilihat dari tiga sisi, maka ruang lingkup studi islam dapat dibatasi pada tiga sisi tersebut. Oleh karena sisi doktrin merupakan suatu keyakinan atas kebenaran teks wahyu, maka hal ini tidak memerlukan penelitian didalamnya.
  1. Pendekatan-pendekatan dalam metodologi studi islam
Dewasa ini kehadiran agama semakin dituntut agar ikut terlibat secara aktif diberbagai masalah yang dihadapi umat manusia. Agama tidak boleh hanya dijadikan sekadar menjadi lambang kesalehan atau berhenti sekadar disampaikan dalam khotbah, melainkan secara konsepsional menunujukkan cara-cara yang paling efektif dalam memecahkan masalah. . Adapun pendekatan yang dimaksud di sini (bukan dalam konteks penelitian), namun cara pandang atau paradigma yang terdapat dalam satu bidang ilmu yang selanjutnya digunakan dalam memahami agama
Diketahui bahwa islam sebagai agama yang memiliki banyak dimensi, yaitu mulai dari dimensi keimanan, akal pikiran, ekonomi, politik, ilmu pengetahuan dan teknologi, lingkungan hidup, sejarah, perdamaian, sampai pada kehidupan rumah tangga, dan masih banyak lagi. Untuk memahami berbagai dimensi ajaran islam tersebut jelas memerlukan berbagai pendekatan yang digali dari berbagai disiplin ilmu. Di dalam Alqur’an yang merupakan sumber ajaran Islam, misalnya dijumpai ayat- ayat tentang proses pertumbuhan dan perkembangan anatomi tubuh manusia. Untuk menjelaskan masalah ini jelas memerlukan dukungan ilmu anatomi tubuh manusia. Selanjutnya untuk membahas ayat- ayat yang berkenaaan dengan masalah tanaman dan tumbuh- tumbuhan jelas memerlukan bantuan ilmu pertanian.
Berkenanaan dengan pemikiran diatas, maka kita perlu mengetahui dengan jelas pendekatan-pendekatan yang dapat digunakan dalam memahamai agama. Hal ini perlu dilakukan, karena melalui pendekatan tersebut kehadiran agama secara fugsional dapat dirasakan oleh penganutnya. Sebaliknya tanpa mengetahui berbagai pendekatan tersebut, tidak mustahil agama menjadi sulit dipahami oleh masyarakat, tidak fungsional, dan akhirnya masyarakat mencari pemecahan masalah kepada selain agama, dan hal ini tidak boleh terjadi. Untuk lebih jelasnya pendekatan tersebut dapat kita pelajari sebagai berikut:
a.          Pendekatan Sosiologis
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat dan menyelidiki ikatan-ikatan antara manusia yamng menguasai hidupnya. Sosiologi mencoba mengerti sifat dan maksud hidup bersama, cara yang terbentuk dan tumbuh serta berubahnya perserikatan-perserikatan hidup itu serta pula kepercayaannya, keyakinan yang memberi sifat tersendiri kepada cara hidup bersama itu dalam tiap persekutuan hidup manusia.
Harus ditegaskan disini bahwa orang yang pertama kali menggagas sekaligus memperaktikkan sosiologi sebagai sebuah disiplin ilmu baru yang mandiri adalah ibn khaldun. Namun, sebagian besar sosiolog memandang kontribusi ibn khaldun begitu kecil dalam sosiologi. Mereka lebih mengakui karl max dan august comte sebagai seorang yang yang paling berjasa bagi disiplin ilmu sosiologi.[4]
Pendekatan sosiologis dibedakan dari pendekatan studi agama lainnya karena fokus perhatiannya pada interaksi antara agama dan masyarakat. Teori sosiologis tentang watak agama serta kedudukan dan signifikansinya dalam dunia sosial, mendorong di tetapkannya serangkaian kategori-kategori sosiologis, meliputi:
1.      Stratifikasi sosial, seperti kelas dan etnisitas
2.      Kategori bisosial, seperti seks, gender perkawinan, keluarga masa kanak-kanak dan usia
3.      Pola organisasi sosial, meliputi politik, produksi ekonomis, sistem-sistem pertukaran dan birokrasi.
4.      Proses sosial, seperti formasi batas, relasi intergroup, interaksi personal, penyimpangan, dan globalisasi.[5]
Dalam al-quran terdapat tuntunan yang banyak membicarakan realitas tertinggi yang menunjukan bahwa ia, secara filosofis, tidak menerima selainnya. Namun disisi lain (sosiologis), ia juga dengan sangat toleran menerima kehadiran keyakinan lain (lakum dinukum waliyaddin).[6]
b.         Pendekatan Historis
Sejarah atau historis adalah suatu ilmu yang membahas berbagai peristiwa dengan memperhatikan unsur tempat, waktu, objek, latar belakang, dan pelaku dari peristiwa tersebut. Menurut ilmu ini, segala peristiwa dapat dilacak dengan melihat kapan peristiwa itu terjadi, dimana, apa sebabnya, siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut, dan lain sebagainya.[7]
Pendekatan kesejarahan ini amat dibutuhkan dalam memahami agama, karena agama itu sendiri turun dalam situasi yang kongkrit bahkan berkaitan dengan kondisi social kemasyarakatan. Dalam kontek ini Kuntowijaya telah melakukan studi yang mendalam terhadap agama yang dalam hal ini islam menurut pendekatan sejarah. Ketika ia mempelajari Al-qur’an, ia sampai pada kesimpulan bahwa dasarnya kandungan Al-qur’an itu menjadi dua bagian. Bagian pertama berisi konsep-konsep dan bagian kedua berisi kisah-kisah sejarah dan perumpamaan.
Melalui pendekatan sejarah ini seseorang diajak menukik dari alam idealis ke alam yang bersifat empirism dan mendunia. Dari kedaan ini seseorang akan melihat adanya kesenjangan atau keselarassan antara yang terdapat dalam alam idealis dengan yang ada dalam empiris dan historis. Pendekatan kesejarahan ini amat dibutuhkan dalam memahami agama, karena Agama itu sendiri turun dalam situasi yang konkret bahkan berkaitan dengan kondisi sosial kemasyarakatan.
c.          Pendekatan Antropologis
Pendekatan ini dapat diartikan sebagai salah satu upaya dalam memahamai agama dengan cara melihat wujud praktek keagamaan yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. Melalui perndekatan ini agama tamapak lebih akrab dan dekat dengan masalah-masalah yang dihadapi manusia dan berupaya menjelaskan dan memberikan jawabannya.
Dalam berbagai penelitian antropologi. Agama dapat ditemukan adanya hubungan positif antara kepercayaan agama dengan kondisi ekonomi dan politik golongan masyarakat yang kurang mampu pada umumnya lebih tertarik kepada gerakan-gerakan keagamaan yang mesianis, yang menjanjikan perubahan tatanan sosial masyarakat. Sedangkan golongan orang yang kaya lebih cenderung untuk mempertahankan tatanan masyarakat yang sudah mapan secara ekonomi lantaran tatanan itu menguntungkan pihaknya.
Melalui pendekatan antropologi sosok agamayang berada pada daratan empiric akan dapat dilihat serat-seratnya dan latar belakang mengapa ajaran agama tersebut muncul dan dirumuskan. Antropologi berupaya melihat hubungan antara agama dengan berbagai pranata yang terjadi dimasyarakat.[8]
Dalam pendekatan ini kita melihat bahwa agama ternyata berkorelasi dengan etos kerja dan perkembangan ekonomi suatu masyarakat. Dalam hubungan ini, jika ingin mengubah pandangan dan sikap etos kerja seseorang maka dapat dilakukan dengan cara mengubah pandangan keagamaan. Selanjutnya melalui pendekatan antropologis ini, kita dapat melihat agama dalam hubungannya dengan mekanisme pengorganisasian.
Salah satu konsep kunci terpenting dalam antropologi adalah modern adalah holisme, yakni pandangan bahwa prakyik-praktik sosial harus diteliti dalam konteks dan secara esensial dilihat sebagai praktik yang berkaitan dengan yang lain dalam masyarakat yang sedang diteliti. Para antropologis harus melihat agama dan praktik-praktik pertanian, kekeluargaan dan politik, magic dan pengobatan (secara bersama-sama maka agama tidak bisa dilihat sebagai system otonom yang tidak terpengaruh oleh praktik-praktik sosial lainnya.[9]
d.            Pendekatan Psikologi
Psikologi atau ilmu jiwa adalah jiwa yang mempelajari jiwa seseorang melalui gejala perilaku yang dapat diamatinya. Menurut Zakiah Daradjat, perilaku seseorang yang tampak lahiriah terjadi karena dipengaruhi oleh keyakinan yang dianutnya. Ilmu jiwa agama sebagaimana yang dikemukakan Zakiah Daradjat, tidak akan mempersoalkan benar tidaknya suatu agama yang dianut seseorang, melainkan yang dipentingkan adalah bagaimana keyakinan agama tersebut terlihat pengaruhnya dalam perilaku penganutnya.
Dengan ilmu jiwa ini seseorang selain akan mengetahui tingkat keagamaan yang dihayati, dipahami dan diamalkan seseorang juga dapat digunakan sebagai alat untuk memasukkan agama ke dalam jiwa seseorang sesuai dengan tingkatan uasianya. Dengan ilmu agama akan menemukan cara yang tepat dan cocok untuk menanamkannya.
Label “psikologi agama” seolah menunjukan bahwa bidang ini merupakan cabang psikologi yang concern dengan subjek agama, sejajar dengan psikologi pendidkan, atau psikologi olahraga, atau psikologi klinis. Akan tetapi kenyataanya, psikologi agama berada di bagian luar mainstream psikologi.[10]
IV.           KESIMPULAN
Menurut bahasa (etimologi), metode berasal dari bahasa Yunani, yaitu meta (sepanjang), hodos (jalan). Jadi, metode adalah suatu ilmu tentang cara atau lanhkah-langkah yang di tempuh dalam suatu disiplin tertentu untuk mencapai tujuan tertentu.
      Menurut istilah (terminologi), metode adalah ajaran yang memberi uraian, penjelasan, dan penentuan nilai. Metode biasa digunakan dalam penyelidikan keilmuan. Hugo F. Reading mengatakan bahwa metode adalah kelogisan penelitan ilmiah, sistem tentang prosedur dan teknik riset.
Pendektan antropolgi sangat dibutuhkan dalam memahami ajaran agama, karna dalam ajaran agama terdapat uraian dan informasi yang dapat dijelaskan lewat bantuan ilmu antropologi dengan cabang-cabangnya.
Sejarah atau histories adalah suatu ilmu yang didalamnya dibahas berbagai peristiwa dengan memperhatikan unsur tempat, waktu, objek, latar belakang dan pelaku dari peristiwa tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Atho Mudzahar, Pendekatan Studi Islam, yogyakarta : Pustaka Pelajar , 2007
Fanani , Muhyar, Metode Studi Islam, aplikasi sosiologi pengetahuan sebagai cara pandang,( Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008)
Partanto, Pios A M. dahlan al barry, Kamus Ilmiyah Populer, (Surabaya : penerbit arkola, 1994
Conolly , Peter, Aneka pendekatan studi agama, (Yogyakarta: Lkis, 2002).
Atang, abd.hakim & Jaih Mubarok. Metode studi islam.(Bandung: remaja rosdakarya 2009).
Kimia,tadris, Metodologi Studi Islam 2008. (Semarang : takimia production,2010
Nata, abbudin, metode studi islam,( Jakarta: Raja grafindo persada 2004


[1] . Atho Mudzahar, Pendekatan Studi Islam, yogyakarta : Pustaka Pelajar , 2007.hlm .11
[2] Muhyar Fanani, Metode Studi Islam, aplikasi sosiologi pengetahuan sebagai cara pandang,( Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008) hlm.ix.
[3] Pios A partanto M. dahlan al barry, Kamus Ilmiyah Populer, (Surabaya : penerbit arkola, 1994)hlm.462
[4] Ibid  hlm.20
[5]Peter Conolly,  aneka pendekatan studi agama, (Yogyakarta: Lkis, 2002).hlm 283
[6] Atang  abd.hakim & DR. Jaih Mubarok. Metode studi islam.(Bandung: remaja rosdakarya 2009).hlm 5
[7] Tadris Kimia 2008, Metodologi Studi Islam. (Semarang : takimia production,2010) hlm. 96
[8] Abbudin  nata, metode studi islam,( Jakarta: Raja grafindo persada 2004) hlm.391
[9] Ibid, hlm.34
[10] Ibid. hlm.191

Posted on 12/07/2012 09:18:00 AM by Unknown

No comments

Tutorial membuat gambar kerja rumah sederhana dengan autocad ini saya buat tentu saja supaya anda bisa membuat gambar kerja. LOL (maaf bercanda). Setidaknya semoga saja ada yang bisa jadi tambahan skill menggambar anda.

Berikut coba saya jabarkan secara singkat bagaimana tahapan dan aplikasi dasar dalam membuat gambar kerja 2D secara sederhana. Gambar yang saya pakai adalah rumah tipe 21 m2 yang notabene ukuran rumah terkecil yang umumnya dibuat. Walaupun ukurannya cenderung mini, tapi saya rasa sudah mencakup semua aspek dalam standar gambar kerja (sekadar sepengetahuan saya tentunya).


Salah satu bagian dalam pembuatan gambar kerja yang terdapat dalam Tutorial membuat gambar kerja rumah sederhana dengan autocad ini



Pengertian gambar kerja.

Dalam dunia konstruksi bangunan (terutama rumah tinggal), fungsi gambar kerja adalah sebagai pedoman pelaksanaan di lapangan (gampangnya itu gambar buat pedoman tukang bekerja).

Kalau yang biasanya sibuk diurusi pemilik rumah adalah gambar pra rencana (denah dan tampak).

Soalnya kenapa?

Denah menggambarkan bagaimana rumah tersebut mempunyai fungsi guna seperti yang direncanakan owner (pemilik). Tampak mencerminkan gaya/style/model/aliran rumah tersebut.

Dan kenapa pula gambar kerja jarang diurusi owner? Karena gambar itu memang peruntukannya untuk tukang dan pelaksana di lapangan. Kalaupun owner memaksakan ikut membaca, paling juga (maaf) dia tidak paham dan tidak akan mengerti. Gamblangnya kalaupun dia baca juga tidak terlalu berpengaruh untuknya.

1. Denah dan siteplan rumah.

Sebelumnya saya sarankan, anda sudah memahami dasar menggambar dengan autocad, jadi yang saya tulis disini hanya mengenai tahapan kasar menggambarnya saja.

Sebelum ke proses menggambar, silakan baca dulu paparan saya tentang denah rumah (sebatas sepengetahuan saya tentunya, jadi maaf kalo kurang atau ngelantur :P).

Denah rumah adalah hal pertama yang harus dibuat dan di-fix-kan se fix-fix nya. Kenapa? Karena bila katakanlah gambar telah selesai sampai tahap terakhir dan ternyata ada revisi, itu berarti anda harus merubah semua gambar. Jadi usahakan tahap denah rumah, siteplan dan tampak selesai dulu.

Walaupun dalam gambar kerja jumlah lembarnya paling sedikit, tapi karena esensi gambar ada di 3 hal diatas, inilah yang membuat tahap tersebut paling lama prosesnya.

Bahan baku awal yang diperlukan adalah:
a. Ukuran tanah
b. Kebutuhan ruangan (jumlah penghuni, peruntukan)
c. Tema rumah
d. Ukuran luas akhir bangunan kira-kira.

Tahapan kasar dalam merencanakan bangunan


gambar skematika layout

a. Awal penggambaran biasanya dimulai dari menggambar site layout.
b. Trus dilanjut membuat Planning kasarnya. Sesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan (fungsi bangunan, jumlah penghuni, dll).

Tahap ini biasanya yang perlu didahulukan adalah zona untuk hal yang prioritas.

Misalnya, sebelum bikin rumah, si owner sudah punya Subaru Impressa (mobil ama rumahnya mahalan mana nih?), trus dia minta “yg penting impressa saya bisa masuk!”. 

So, kalo begitu anda tentuin dulu zoning buat carpot (sebaiknya ukuran mobil juga perlu diketahui agar tidak salah desain). Dan begitu seterusnya sampai ke prioritas yang terakhir.

c. Setelah itu dibuat dulu kotak-kotak untuk zoning yang diinginkan. Usahakan ukuran ruangnya proporsional dan “manusiawi”. Misal untuk kamar tidur, ukuran 2,5 m2 mungkin tergolong sempit. 2,75 m2 agak longgar. 3 m2 lumayan nyaman. 4m2 homy. Kalo 2 m2 (?).
Cara mudahnya, sambil berimajenasi, anda bisa melihat langit-langit di atas (khusus asbes). Ukuran langit-langit asbes yang umum adalah 1 x 1 m2, jadi bisa digunakan untuk memperkirakan ukuran yang ideal.

Atau kalau ingin lebih presisi, gunakan meteran (bisa menggunakan meteran tukang, harganya sekitar 10rb/$1 ). Atau kalau mau super hemat, lihat saja kotak ubin di lantai, jumlahkan berapa ubin yang proporsional menurut anda.

Ok, sambil melihat ubin, anda pikirin, kira-kira kalau ukuran segitu kakinya nekuk apa nggak kalo tidur nanti?

Jangan terlalu mikirin teknis gambarnya dulu, entah as-as ato bukan tidak terlalu masalah. Baru nanti kalo zoning nya sudah fix, buatlah yang presisi. (selisih 15 cm menurut saya nggak terlalu berpengaruh banyak dalam desain). Lagian kalo nanti kurang lebar, tinggal geser kanan geser kiri saja.

d. Kemudian dilanjutkan dengan membuat alur servis area. (lihat garis kuning di bawah). Perkirakan supaya jalur servis memakan tempat se-sedikit mungkin, sehingga ruang efektif untuk rumah bisa maksimal.

Usahakan membentuk sebuah jalur yang sentral, jadi mirip alun-alun ( bukankah alun-alun kota umumnya terletak di tengah kota ?), jadi lumayan dekat kalau mau kemana-mana.

e. Setelah itu, lanjutkan dengan menentukan perletakan bukaan pintu. Ini juga kadang jadi masalah, misalnya untuk gambar kamar tidur di bawah. Kalau pintu di buka ke dalam pasti susah nanti mengatur perabotannya, mengingat ukuran kamar termasuk sempit. Kalau di buka ke luar, pasti akan mengganggu jalur area servis.

Kalau misalnya sudah final tidak bisa di apa-apa kan, tinggal pilih saja mana kerugian yang paling minim. Atau kalo masih ada waktu ya di re-design saja.

(Nb: Gambar kerja PDF yang saya sertakan mungkin berbeda dengan gambar di bawah, Karena yang PDF Pakai As-as dan yang ini pakai tepi-tepi.)

Sekarang kita lanjut ke teknis menggambar
perintah dasar dalam pembuatan denah
a. Untuk garis pembentuk dinding saya pakai Line (L), trus di offset 15 (dalam dunia konstruksi, standar lebar dinding ½ bata adalah 15 cm, walo pelaksanaan riil nggak selalu presisi segitu).
Kalau menggunakan Multiline, agak susah karena harus sering-sering merubah justification. Konsekwensi dari Line ini nanti harus bersedia rajin-rajin melakukan Trim object.

* nilai 15 pada line bisa berubah-ubah tergantung anda. Jadi bisa ditulis 150 atau 1,5. Tapi pastikan satuan tersebut konsisten dari awal gambar sampai akhir. Tinggal tentukan saja mana yang paling enak buat anda.

b. tiap pertemuan dinding diberi ring balk (rectangle ukuran 15/15, gunanya agar Polyline dinding bisa nempel  di osnap).

c. Untuk pengisi dinding, saya pakai polyline dengan global width 10. Polyline mempunyai pickpoint di awal dan akhir garis yang lebih memudahkan dalam pengeditan gambar, dibanding jika memakai hatch.

d. trus pasang kusen, perabotan, tanaman … dan selesai.
(mitsubishi impressa-nya jangan sampai ketinggalan ya)

e. Pastikan setting nearest pada osnap tidak aktif, setting ini dapat membuat gambar kurang presisi. Bisa dilihat nanti di hasil akhir denah. Kalo setting ini diaktifkan, biasanya pada beberapa garis akan mempunyai panjang x,0002 bukan angka genap x,0000.

Untuk garis bidang yang mempunyai sudut 90derajat, biasanya saya lebih memilih ortho, trus garis dilebihkan sedikit, lalu di trim. (untuk menjaga akurasi gambar, walaupun dengan konsekwensi sering-sering melakukan trim).

gambar denah dasar rumah tipe 21
Note:

a. Garis putus2 yang ada hurufnya A, B dan C (buat yang belum tahu) adalah garis imaginer potongan yang gunanya nanti untuk membuat gambar potongan rumah. Usahakan garis ini mewakili titik-titik dimana dalam pelaksanaan dilapangan bagian tersebut harus diketahui angka ketinggian (elevasi) dan ekspose dari struktur.

Sebagai contoh:
-Titik A adalah potongan melintang yang saya maksudkan untuk meng-ekspose ujung dari rangka atap.

Akan lebih mudah kalau siteplan (tampak atap) dibuat terlebih dahulu kemudian tinggal ditarik dari titik tengahnya.

- Titik B untuk melihat perbedaan elevasi antara ruang tidur dan kamar mandi (pada gambar terpaut 5cm) dan perletakan antara ujung dinding dengan rangka atap. [Lingkaran kuning]

- Titik C, karena bentuk dinding luarnya yang tidak simetris, maka dibutuhkan balok struktur tambahan untuk menopang ujung atap. [ garis putus2 dan lingkaran biru ]

(Garis potongan ini biasanya dibuat setelah siteplan dan tampak rumah fix).

b. Sekedar tips, usahakan tiap ruang terutama kamar mandi dan kamar tidur ada bukaan (jendela). Biasanya untuk kamar tidur memakai jendela besar dan kamar mandi jendela kecil (boven).

c. Perhatikan juga skema sirkulasi gerak nantinya (garis merah). Skema gerak ini gunanya untuk meletakkan perabotan rumah. Usahakan perabotan interior yang akan digambar juga bisa diaplikasikan, jadi ukuran perabotan seharusnya sesuai kondisi riil yang ada dan perlu diperhatikan betul perletakkannya.

Misal kursi tamu, (walau kecil mungil), bagus kan kalau ditaruh di situ? ... wkwkkw. 

Maksudnya dia tidak menghalangi sirkulasi gerak. Walaupun dalam estetika sebenarnya rada “kurang”, kan nggak etis kalau tamu bisa melihat dapur dan kamar mandi?
(berhubung rumahnya memang kecil mungil,  mau bagaimana lagi).

Selalu pastikan kemampuan aplikasi di lapangan lebih penting dari estetika, walaupun kedua2nya sebenarnya sama-sama penting dalam rumah tinggal.

d. Kusen-kusan ruangan (kamar tidur dan kamar mandi) usahakan membuka kedalam, agar bila nanti dalam aplikasi, bila pintu tidak dipakai tidak mengganggu garis servis.
Misal pintu kamar tidur saya balik jadi membuka keluar, pintu akan menghalangi akses ke kamar mandi.

Untuk pintu yang berbatasan langsung dengan luar rumah, idealnya juga membuka kedalam, tapi karena disitu rencananya ada tv dinding (tv plasma + subaru... benar-benar orang yang low profile) jadi saya gambar seperti itu.

e. Untuk kamar mandi, jika direncanakan menggunakan bak mandi, usahakan wc berada disebelah kiri dan bak mandi di sebelah kanan. (agar kalau buang air mudah ambil airnya..wkwk).

f. And so on… itu adalah contoh-contoh penjelasan yang harus anda punya kalau nanti ditanya sama yang punya rumah. Dan pada praktiknya, kalau ditulis semua bisa ratusan point itemnya. Belum termasuk faktor fengshui (walo saya tidak paham), faktor angin, arah qiblat (untuk kaum muslim), dan lain sebagainya.

Gambar dibawah adalah bagian2 command yang saya pakai. Disini saya pakai satuan cm, jadi 1unit digambar=1cm di lapangan. Contohnya pada tebal dinding (standar umum adalah 15cm) saya pakai 15 unit. Dan satuan ini bisa berubah2 tergantung anda. Jadi bisa ditulis 150 atau 1,5. Tapi pastikan satuan tersebut konsisten dari awal gambar sampai akhir. Tinggal tentukan saja mana yang paling enak buat anda.

Tahapan selanjutnya adalah membuat tampak depan.

Ini erat kaitannya dengan tema rumah (minimalis, mediteranian, classic, dll). Pada tutorial ini sengaja saya bikin tema “sederhana”. Bukan karena agar tutorial jadi gampang dibaca, tapi emang saya nggak terlalu paham style. Jadi tolong maafkanlah. Wkwkkw.

proses membuat gambar potongan rumah
Cara bikin:

1. Offset garis tepi dinding selebar 70cm keluar (dari 1a ke 1b).
2. Tentukan elevasi 0.00 rencana
(nantinya ini adalah ketinggian lantai kamar tidur dan ruang tamu –cek kembali gambar denah-)

3. Kemudian copy kan garis 0.00 ke atas setinggi lisplank (ujung bawah atap). Untuk rumah kecil biasanya sekitar 3-3,2m. Rumah yang lebih besar bisa 3,5-4m
[sesuaikan dengan proposi antara lebar dan tinggi bangunan]

4. Tarik garis pertemuan antara garis 3 & 1b sebesar 30°. Sudut ini juga hasil perkiraan, sedang angka yang umum dipakai antara 30-45°. Konsekwensinya, makin rendah kemiringannya makin rentan terhadap tampias (air hujan yang masuk di sela-sela genteng), sedang kalau makin curam maka struktur atap dan luasan atap juga makin membengkak yang artinya biaya konstruksi ikut bertambah.

5. Dari titik pertemuan garis 4, tarik ke kanan (garis 5) dan didapatkanlah tinggi kerpus (pertemuan atap).
6. Kemudian gunakan garis 1b untuk membuat siteplan (gambar denah pojok atas).
7. Untuk membuat garis imaginer tanah, copy garis 0.00 ke bawah sebesar 20cm kemudian offset 5cm.

Taraaaa….. Dan sekarang kita sudah punya gambar siteplan dan tampak.

gambar tampak dan siteplan rumah
Hints:

a. Untuk mempermudah membuat garis bantu, pakai saja xline.
b. Untuk memberi corak (fill) atap dan batu alam, gunakan hatch dan atur skalanya dan dikira2 saja sampai nampak proporsional.

Jika diinginkan, tampak depan bisa sedikit dieksploitasi dengan menambahkan aksen, ornament, atau kalau mau agak ekstrim dengam menambah dinding ornament. atap bisa dimodel bervariasi, dibuat bersusun, muka atap menghadap kedepan, dll. Buatlah semenarik mungkin.

Yang pasti hindari bikin model atap seperti contoh diatas...!!! (kalau tidak kepepet benar)

2. Denah sanitasi (jaringan air bersih, air kotor, detail septictank, detail bak tandon)

gambar denah saluran air (sanitasi) rumah
Note:
a. Hal pertama yang harus di prioritaskan adalah jaringan air kotor lebih dahulu, baru kemudian diikuti jaringan air bersih.
Logikanya, “lebih baik airnya nggak menetes daripada wcnya luber kemana2”, walaupun 2 hal tadi juga sama2 tidak kita inginkan.
Tapi biasanya hal yang diutamakan adalah membuat panjang jaringan air kotor sependek mungkin dan selurus mungkin.
Jadi kalau bisa, minimalisir bentuk yang panjang sekali dan terlalu banyak kelokan. Dan kenapa air kotor harus diprioritaskan? Karena seringnya 2 hal itu berlawanan. Jadi kalau septictank di belakang, seringnya sumur ditaruh di depan. Kalaupun tidak memakai sumur (tapi pake bak tandon), bisa juga diletakkan dalam satu area. Tapi usahakan jangan mepet2. Karena teorinya walaupun bak tandon direncanakan dibuat kedap air, tapi selalu mungkin ada kemungkinan rembes.

b. Untuk air kotor, jika tidak ada ketentuan khusus dari pengembang perumahan, usahakan letak septictank sedekat mungkin dengan wc. Pada perumahan biasanya letaknya seragam, yakni semua di depan atau di belakang. Alasan menggunakan septictank didepan biasanya dipilih untuk mempermudah pengurasan andaikata suatu saat penampungannya penuh dan tanah sudah jenuh. Jika memang harus membentang jauh, usahakan tidak terlalu jauh, karena semakin jauh pipa membentang maka semakin dalam pula saptictank letaknya dari permukaan tanah.

Masalah yang muncul jika letaknya dalam adalah dasar galian sudah mengeluarkan sumber air yang nantinya akan menyulitkan proses pengerjaan, dan resiko pencemaran yg lebih besar bila menggunakan sumur. Sudut kemiringan yang biasa dipakai sekitar 2-3°. Jadi misal kita pakai 2°, untuk bentangan 10m septictank harus mempunyai beda tinggi min 20cm. Resiko lain jika bentang semakin jauh adalah lebih rentan tersumbat, dan bila tersumbat, kesulitan untuk mengatasinya juga akan semakin bertambah.

Pada kondisi tanah yang umum, jarak minimal yang ideal antara sumur dan saptictank adalah 10m. tapi angka tersebut bisa berubah tergantung kondisi tanah dan arah aliran air bawah tanah. Jika menggunakan katakanlah angka 10m, maka jarak tersebut harusnya berupa radius (melingkar) dengan sumur tetangga juga. Jadi bukan hanya jarak linear (lurus) dari wc ke septictank kita saja.

c. Hampir sama dengan septictank, jika oleh developer diharuskan, maka wajib dibangun pula sumur resapan. Sumur ini fungsinya untuk menyerap air kotor cair non wc (misal air dari dapur dan shower) sehingga secara teori air tanah tidak banyak yang keluar. Fungsi kedua adalah tidak banyak air yang terbuang ke saluran sehingga meminimalisir kerja saluran pembuangan.

Semakin dekat titik buangan dari kamar mandi (floor drain) dengan sumur resapan akan semakin baik. Bila kita lihat gambar di atas, bila sumur resapan masih mampu menampung, maka titik A tidak terbebani air lewat, sehingga akan meminimalisir kerja saluran utama air kotor rumah. Idealnya sumur resapan dan septictank ini diletakkan dalam satu zone.

d. Jika ternyata di lokasi tidak bisa dibangun sumur, maka perlu dibuat bak tandon (ground tank) yang berfungsi untuk menampung air dari perusahaan air minum (misal PDAM), sehingga jika terjadi air macet, kita masih bisa sedikit lega karena masih punya cadangan air.

e. Untuk air bersih, usahakan jarak antara sumber air (sumur/bak tandon) sependek mungkin. Dan kalau ternyata dari rencana air kotor menghasilkan jarak yang lumayan jauh, ya mau gimana lagi.

Hal yang mungkin perlu diperhatikan adalah kapasitas pompa air. Untuk pompa biasa (sumur dangkal) biasanya mempunyai daya hisap <7m air="air" anda="anda" anggap="anggap" baik="baik" berlebih="berlebih" bikin="bikin" bila="bila" bisa="bisa" br="br" dalam="dalam" dan="dan" dari="dari" data="data" daya="daya" di="di" diikutkan="diikutkan" dorong="dorong" elevasi="elevasi" gunakan="gunakan" hisap="hisap" horizontal="horizontal" ideal="ideal" ini="ini" itungan="itungan" jalan="jalan" jarak="jarak" juga="juga" kaitannya="kaitannya" kalau="kalau" karena="karena" ke="ke" kita="kita" kurang2="kurang2" lebih="lebih" m.="m." maksudnya="maksudnya" masalah.="masalah." membujur="membujur" mempunyai="mempunyai" mengira2="mengira2" nggak="nggak" nol="nol" pada="pada" panjang="panjang" pas="pas" penampungan.="penampungan." perencanaan.="perencanaan." perencanaan="perencanaan" pipa="pipa" pompa="pompa" sedikit.="sedikit." sedikit="sedikit" sumber="sumber" tapi="tapi" teori="teori" ternyata="ternyata" untuk="untuk" walaupun="walaupun" yang="yang">
Berikut saya sertakan juga detail gambar septictank, sumur resapan dan bak tandon.

a. Untuk sumur resapan, kedalamannya tidak mutlak 4m (kedalaman gambar), tapi sesuaikan dengan muka air tanah di lapangan. Kalau ternyata di lapangan muka airnya -50cm (misal daerah rawa), ya percuma juga dipasang sumur resapan.
b. Ukuran septictank dan bak tandon di bawah biasanya digunakan untuk kapasitas 4-6 orang. Bila ternyata penghuni rumah lebih besar, ukuran juga dibesarkan sesuai perkalian % orang dan % septictank/bak tandon.
c. Dasar bak tandon sengaja dibuat miring agar nanti waktu menguras airnya ngumpul di satu sisi saja. Sedang septictank tidak perlu dibikin miring (emang anda mau nguras septictank?)

gambar detail septictank rumah
gambar detail sumur resapan rumah
gambar detail bak tandon air rumah
3. Denah instalasi listrik (titik lampu, perletakan stop kontak)
Gambar ini nantinya digunakan oleh tukang listrik untuk menentukan perletakan pipa listrik yang akan ditanam didalam plesteran dinding. Jadi biasanya setelah pasangan batu bata selesai, sebelum diplester, dipasang dulu pipa paralon untuk memudahkan pemasangan dan melindungi kabel listrik jaringan.

gambar denah instalasi listrik rumah
Note:

a. Usahakan letak stop kontak sesuai denagan denah layout. Jadi kalau di denah ada perabot tv, seharusnya di situ juga diletakkan stop kontak. 

b. Untuk saklar, letakkan ditempat yang mudah dijangkau (biasanya didalam zona servis/garis merah pada gambar paling atas). 

c. Untuk saklar kamar, utamakan letaknya bersilangan dengan engsel pintu. Jadi misal engsel ada di kiri (lihat gambar), letakkan saklar di kanan. Tapi kalau di kanan ada perabot (misal almari) letakkan saklar di belakang bukaan pintu (lihat lingkaran merah). Intinya usahakan sedekat mungkin dengan jangkauan tangan, jadi ketika pemilik membuka pintu, maka tidak ada kesulitan tambahan menemukan saklar lampu. 

d. Untuk saklar kamar mandi, letakkan saklar di luar kamar mandi dan usahakan satu lampu satu saklar, gunanya supaya tamu tidak salah mematikan lampu kala dia berkunjung dengan tujuan buang air. Wkwkkw 

e. Usahakan disemua lampu, satu lampu untuk satu mata saklar. Gunanya untuk memudahkan kalau misalnya si pemilik ingin menghidupkan satu lampu halogen belakang (tujuannya pasti menghemat listrik). 

f. Untuk saklar AC, letakkan di daerah yang bersebelahan dengan “dunia luar”. Jadi nanti dalam aplikasi bisa menghemat pipa AC. 

g. Untuk memasang lampu down light, pastikan daerah tersebut terdapat plafond gypsum. Soalnya kalau ternyata daerah tersebut berupa dag beton, biasanya tukang memaksakan dengan melubangi beton dan itu sangat amat tidak disarankan.

4. Denah kusen
Gambar denah kusen ini gunanya untuk memandu agar tukang kayu tidak salah memasang arah bukaan dan jenis pintu.


gambar denah perletakan kusen
Berikut saya sertakan juga salah satu contoh detail pintu.

Gambar ini fungsinya untuk diserahkan ke tukang kayu/alumunium. Jadi biasanya ada bengkel khusus yang mengerjakan kusen ini. Setelah kusen jadi, baru dikirim ke site. Kusen (rangka pintu) harus sudah jadi sebelum dinding diplester agar nanti tidak ada bobokan (bongkaran) di dinding untuk meletakkan kusen. Sedang untuk tukang batu, gambar ini gunanya untuk menentukan besar lubang yang harus disiapkan diantara pasangan dinding batu bata.

contoh gambar detail kusen dengan bahan alumunium
Note:
a. Pastikan sebelumnya jenis kusen yang akan digunakan, apakah rangka alumunium atau kayu.

b. untuk daun pintu biasanya tidak terlalu masalah tentang bahan yang digunakan (biasanya terserah selera dan budget pemilik), tapi perlu diperhatikan betul ukuran dan tinggi elevasi daun. Ukuran yang umum adalah 2,1x0,75m untuk pintu ruangan kecil dan 2,4x0,8 untuk pintu besar. Ukuran ini biasanya disesuaikan dengan luas rumah (apakah termasuk rumah besar atau kecil).

c. Untuk pintu kamar mandi, bisa digunakan pintu PVC (murah) atau pintu panil + lapisan alumunium sheet (mahal).
5. Denah pola lantai


gambar denah pola lantai (keramik)
a. Inti dari gambar denah pola lantai di atas adalah titik awal pemasangan keramik (start point). Sehingga dalam pelaksanaan tukang batu tidak bingung dalam meletakkan titik awal pelaksanaan.

b. Biasanya, start point diletakkan di petemuan antara kusen utama (yang paling besar atau paling depan) dengan dinding. Kalau nanti memakai jenis pintu dobel, lebih baik titik awal diletakkan di tengah-tengah dari ke dua daun pintu tersebut.
c. Untuk kamar mandi, sebaiknya letakkan start point di ujung pertemuan bak mandi dan dinding. Gunanya adalah, disitu merupakan titik hilang yang akan “bagus” kalau start point dipasang di situ. Jadi nanti ujung bak mandi akan bertemu dengan ujung keramik dinding.

d. Ukuran yang umum untuk keramik ruangan adalah 30x30 (rumah mungil), 40x40 (rumah sedang) dan 60x60 (untuk rumah mewah). Sedangkan kamar mandi, untuk rumah sederhana memakai 20x20 (lantai) dan 20x25 (dinding), dan rumah yang lebih bagus memakai 30x30 (lantai) dan 25x33 (dinding).

e. Untuk proses menggambar, bisa digunakan hatch > user defined > double. Untuk menentukan ukuran keramik, karena saya pakai ukuran 30x30, maka isikan 30 pada kolom spacing. Untuk membuat pola miring isikan 45 di kolom angle. Untuk menentukan lokasi start point klik saja “click to set new origin” dan kemudian klik titik yang dikehendaki. (bisa dilihat di gambar di bawah)

setting hatch untuk pola lantai


6. Denah struktur (pondasi, balok dan kolom, detail penulangan, detail pondasi)


gambar denah strutur rumah (pondasi + balok + rangka atap)


a. Fungsi gambar denah pondasi adalah untuk menentukan letak galian tanah, letak sloof dan perletakan kolom praktis 15/15.
b. Sedang fungsi gambar denah ring balk untuk menentukan letak ring balk (balok pengunci dinding) dan balok penumpu rangka atap.
c. Bila rangka atap memakai rangka baja ringan, biasanya perkerjaan ini dilakukan oleh sub-kontraktor (subkon) yang khusus mengerjakan atap baja ringan. Sehingga fungsi gambar rangka atap untuk menentukan luasan atap dan perletakan rangka atap. Sisanya, biarkan subkon yang memikirkan detail rangka atapnya (biasanya melalui proses perhitungan struktur rangka atap tersendiri).

d. Denah pondasi biasanya disesuaikan dengan perletakan dinding. Jadi dimana ada dinding, seharusnya dibawahnya ada pondasi+sloof dan diakhiri dengan balok pengunci (ring balk).

e. Pada model-model yang tidak simetris (maksudnya ujung dinding tidak selalu bertemu dengan ujung rangka atap (titik A) harus disediakan ring balk tambahan.

Untuk mempermudah membuat garis pondasi, gunakan perintah bpoly, dan klik kan di dalam ruangan. Nanti akan terbentuk region (garis polygon yang mengelilingi ruangan) secara otomatis. Setelah itu offset ke dalam 5cm, offset lagi 17,5cm. Angka 5 dan 17,5 ini didapat dari perspektif dari gambar detail pondasi yang akan saya tambahkan dibawah.

Sebenarnya garis ini tidak perlu ketelitian karena fungsinya hanya untuk menggambarkan kalau disitu ada pasangan pondasi. Yang harus benar2 diperhatikan adalah akurasi jarak antar titik dalam dimensi. Juga perlu diperhatikan apakah base pointnya mengenai pada center (as) dinding atau tepi dinding. Untuk membuat balok, gunakan Polyline dengan width 15.

gambar detail pondasi batu belah rumah
a. Gambar detail pondasi ini gunanya untuk meletakkan kedalaman galian pondasi. Gambar ini sendiri tidaklah baku, harus disesuaikan dengan kondisi dilapangan. Misal daerah tersebut terletak di lekukan dan menjorok cukup dalam dari muka jalan, mungkin saja ketinggian pondasi ditambah. Untuk gambar-gambar non standar (misal talud atau dinding penahan tanah) silahkan  anda  kembangkan sendiri.

Untuk konstruksi yang lebih rumit (misal rumah tingkat), maka nanti akan ada beberapa gambar tambahan seperti, denah balok, detail footplat dan detail tangga.

Dan disinilah mungkin fungsi kuliah (yang mengambil jurusan teknik sipil) akan sangat membantu. Saat struktur mulai rumit, misal balok dengan bentangan panjang, kantilever atau struktur beresiko lainnya, rumus-rumus praktis waktu kuliah akan sangat membantu. Idealnya memang harus dihitung dengan teliti atau dengan program struktur (misal SAP), tapi saya rasa menggunakan rumus praktis juga sudah mampu mengakomodir karena fungsi bangunan yang seragam dan bentuk struktur yang seragam pula.

Misal untuk balok ada rumus 1/12L – 1/15L ( L = panjang bentangan balok), Plat lantai lebar max 16m2 dsb.
Berhubung sewaktu kuliah dulu saya suka tidur, jadi dengan amat sangat, tolong jangan tanya masalah struktur ini lebih dalam lagi kepada saya. wkwkwk

Buat rekan-rekan yang masih kuliah (terutama teknik sipil) manfaatkanlah waktu kalian sebaik-baiknya. Setidak-tidaknya pahami struktur beton saja juga sudah cukup bagus (btw pelajaran itu juga yang paling susah menurut saya..wkwkwk). Minimal kuasailah salah satu hal. Bisa tentang gambar, struktur atau management. Daripada mempelajari banyak tapi setengah-tengah.


7. Potongan memanjang dan melintang

Fungsi gambar potongan ini diantaranya adalah :

a. Untuk menentukan ketinggian perletakan sloof dan balok. (lihat lingkaran merah)
b. Menentukan ketinggian plafond (langit-langit) dari muka lantai (+/- 0.00).
c. Fungsi gambar manusia adalah untuk memberikan gambaran perspektif tentang kira-kira setinggi apa plafond tersebut terhadap ketinggian manusia. Jadi usahakan ukuran ketinggian simbol manusia juga mendekati real (antara 160-170cm).

d. Menggambarkan detail-detail apa saja yang terdapat di dalam strutur bangungan.

gambar potongan melintang
Untuk menggambarkan bila ada struktur tambahan (balok, sloof dan komponen struktur lainnya)
[lihat lingkaran merah dibawah]

gambar potongan memanjang
Teknis penggambaran yang paling efektif (setahu saya) adalah dengan menyusun denah dan siteplan (kadang juga denah pondasi, ringbalk juga kalau strukturnya rumit), kemudian ditarik garis kebawah. Bisa menggunakan xline. Cara kerjanya hampir mirip dengan cara menggambar tampak pada section 1.

proses pembuatan gambar potongan


Untuk detail struktur yang tidak terlalu penting (misal dinding pagar belakang), mending tidak usah digambar (hanya akan menghabiskan kertas dan waktu.. wkkw). Toh juga dinding pagar bentuknya selalu seperti itu juga.
8. Finishing gambar

Buatlah sebuah kop, misal seperti contoh dibawah, kemudian jadikan block. Keuntungan menggunakan block adalah jika nanti ada kerjaan gambar yang lain,  anda cuma perlu mengganti data satu kop, dan kop lainnya akan mengganti semua. Field yang tidak diikutkan adalah judul gambar dan nomer lembar.

Caranya, pilih semua item, kemudian ketik block > enter. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah. Lalu isikan nama block (terserah), dan centang open in block editor.

setting block definition


Lalu akan muncul tampilan seperti ini, gantilah field yang saya lingkari merah, dan sesuaikan dengan kebutuhan. Semua komponen dalam block ini anggap saja komponen statik, yang artinya dia akan sama disemua kop.
pembuatan kop gambar dengan block
setelah itu klik close block editor dan kita kembali lagi di tab “model”. Kemudian tempatkan sebuah “text” di field “judul gambar” dan “no. lembar”.

2 field ini kita sebut saja komponen dinamis, karena dia akan selalu berbeda di tiap-tiap kop.

penambahan komponen dinamis block kop gambar
Setelah kop gambar selesai, kemudian copy sesuai kebutuhan dan tempatkan gambar di tiap-tiap kop, lalu edit semua komponen dinamis tadi.

Kemudian aktifkan layout 1 dengan cara meng-klik kiri pada tab layout1.

Sesuaikan kop dengan skala gambar. Misal masteran yang kita buat tadi untuk ukuran 1:100, maka untuk gambar dengan skala 1:20 cukup block kop tadi di scala 0,2. Dst.

aplikasi layout pada autocad

 Install program pdf creator www.pdfforge.org. *best regards to c4pt4in*

Program ini merupakan program gratis “pdf print spoiler”, atau print virtual untuk membuat output file menjadi pdf. Sebenarnya dari autocad sendiri juga sudah ada “plot to pdf”, menu tersebut bisa juga kita gunakan tapi hanya bisa digunakan satu halaman satu file pdf. Kalau jumlah lembar anda  banyak (misalnya gambar kita ini), saya bisa jamin  anda  akan cepet capek, bosan, naik darah (halah) karena tiap sekali plot harus merename file pdf.

Kalau dengan program ini,  anda  Cuma perlu mem-plot sekali, trus dikumpulin, trus digabungin, dan hasilnya satu output file pdf dengan banyak lembar. Sebenarnya ada banyak program sejenis, misal nitro, adobe professional, dll, tapi kebanyakan program tersebut berbayar.
(walau bisa menggunakan crack, tapi kalau ada yang gratis kenapa harus bayar? Wkwkwk)

Saya merekomendasikan ini karena selama ini program ini sudah cukup mengakomodir kebutuhan saya dalam kaitannya dengan autocad.

Lalu tekan ctrl+p dan sampailah kita plot windows.
setting layout 
Sedikit penjelasan yang mungkin ada gunanya :

a. printer/plotter : jenis plotter (printer) yang digunakan. Bisa berupa print virtual (pdfcreator seperti gambar di atas), atau print fisik seperti canon, hp, Epson, dsb.

b. Paper size : ukuran kertas. Biasanya sebelum menggambar dimulai, harus ditentukan dulu ukuran kertas yang digunakan. Intinya disini, gambar dan teks pendukung masih layak untuk dibaca. Jadi kalau gambarnya sedikit dan relatif kecil, mungkin bisa digunakan A4.

Cara praktik paling simple adalah, misal kita pakai A4, setelah semua settingan selesai, tekan preview dan zoom sampai kira2 ukuran kertas di monitor sama dengan kertas A4 asli. Kalau monitor  anda  kecil, caranya dikira2 saja sambil dicek dengan cara didrag ke atas dan ke bawah.

Kalau salah satu sisi sudah sama (misal sisi vertical), biasanya sisi lainnya juga relative sama. Kemudian lihat apakah teksnya terlalu kecil atau nggak. Abaikan saja distorsi monitor, maksud saya teks sudah lumayan gede, tapi rusak sehingga tidak bisa dibaca. Dalam kenyataan, bila gambar itu di print, hurufnya jadi jelas kok. Yang penting sizenya.

Bila dalam suatu kasus  anda  harus mengeprint dalam ukuran A4, tapi gambar ukuran A3, salah satu solusinya adalah memecah gambar jadi 2. Dan masalah ini mungkin akan saya bahas dilain halaman.

c. What to plot : adalah jenis windows yang akan di plot. Pilihan layout disini maksudnya yang diplot adalah halaman layout. Biasanya kalau kepingin cepat, ya pakai “what to plot : window”.

Cara kerjanya aktifkan saja tab model, kemudian waktu selecting window, klik dari ujung kiri atas ke ujung kiri bawah kop. Tapi untuk multiple pages, saya sarankan memakai “what to plot : layout” saja. Agak sedikit lama settingan di awal, tapi akan sangat berguna di akhir. Option layout ini gunanya kalau nanti ada kesalahan di gambar,  anda  cukup mengedit gambar di tab model saja. Jadi setelah editing selesai, proses plot all cuman butuh satu-dua klik.

d. Plot style table : monochrome, ini artinya apapun warna yang digunakan sewaktu menggambar, autocad akan memaksa plotter membuat output gambar menjadi hitam putih. Kalau ingin output berwarna warni, pakai saja acad.ctb. Setting ini biasanya kepakai sewaktu sebuah warna gambar betul-betul penting. Misal untuk struktur yang rumit dan tumpang tindih, tiap elemen struktur ditandai dengan memberikan warna yang berbeda-beda.

Tapi dalam penggunaan umum, sebaiknya hindari memakai grayscale atau warna-warni, pertimbangannya adalah, gambar kerja seperti ini biasanya di fotocopy berulang kali. Dan pengalaman saya dengan grayscale dan hatch yang tipis akan hilang saat difotocopy.

e. Scale : 1 mm = 1 units. Mengenai skala mungkin akan saya lanjutkan di page yang lain dilain kesempatan.

f. Scale lineweights : menampilkan tebal tipis garis secara berbeda. Biasanya dalam sebuah gambar kerja, kop memakai garis yang tebal. Terus garis pada gambar utama rada tipis, terus garis ukuran lebih tipis lagi. Kalau ini di non aktifkan, maka hasil output akan menampilkan garis yang sama tebal walaupun di dalam proses menggambar kita setting secara berbeda.

Setelah itu kita lanjutkan dengan membuat viewport. Caranya buatlah rectangle se-mepet mungkin dengan border kertas (garis putus-putus).

membuat viewport pada layout


Misal seperti gambar di atas, garis merah adalah rectangle yang baru saya buat. Tidak perlu presisi dengan ukuran tertentu, perinsipnya makin mepet makin bagus. Kemudian select rectangle yang baru dibuat tadi dan tempatkan dalam layer defpoints. Gunanya agar garis terluar yang nanti tercetak hanya garis kop.

Lalu klik menu view > viewports > objects. Dan klik pada rectangle yang baru dibuat tadi. Kemudian rectangle akan berubah jadi viewport.

Bila ingin settingan yang lebih cepat,  anda tidak perlu membuat rectangle, tapi langsung saja view > viewports > 1 viewports. Kemudian klik dari pojok kiri atas ke pojok kanan bawah.
Option viewports object ini akan berguna saat nanti dalam sebuah paper ada banyak tempelan gambar detail.

Lalu aktifkan viewports, klik menu paper pada pojok kanan bawah
menggunakan paper space dan model space

kemudian tempatkan gambar sampai terlihat hampir penuh di viewport.
menempatkan kop surat pada viewport


kemudian pilih viewport scale > custom > add
setting skala gambar pada viewport

 buatlah settingan seperti di bawah
detail setting skala gambar

kemudian tekan ok.

Lalu klik lagi tombol scala seperti gambar di atas dan skala yg baru kita buat akan muncul, kemudian pilih. Secara otomatis gambar di dalam viewport akan membesar atau mengecil menyesuaikan dengan skala yang baru kita buat.

menggunakan skala viewport untuk menempatkan gambar pada layout


Setelah ter-zoom, dengan tool pan (bisa juga tahan scroll mouse kebawah), geser-geser gambar sampai garis bagian dalam kop masuk semua ke dalam box viewport (garis merah). Jangan sampai garis kop yang tepi juga ikut masuk karena nanti akan ikut tercetak, fungsinya hanya sebagai garis bantu untuk menempatkan kop.

Yang perlu di ingat, bila menggunakan pan dengan cara menahan scroll mouse kebawah, pastikan scroll tidak gerak maju/mundur sedikitpun. Karena bila bergerak sedikit saja, maka zoom-nya akan berubah yang berarti skala di viewport ikut berubah. Cara ngeceknya, pastikan dalam box scala tetap “a100”. Bila berubah menjadi 0,187xxx maka bisa dipastikan zoom kita sudah berubah. Bila sudah begini, ulangi lagi memilih scala “a100” yang kita buat tadi.

Bila sudah selesai, klik tombol model, sehingga sekarang kita berada pada posisi “paper”. Sebenarnya tidak dikembalikan juga tetap bisa terprint, tapi dengan mengaktifkan kembali posisi paper, viewport tadi menjadi terkunci. Jadi jika sekarang di zoom in/out, yang berubah hanya zoom di paper, tapi di viewport masih tetap.

Tahap selanjutnya adalah mengcopy layout.

Arahkan cursor ke tab layout 1, klik kanan, pilih move or copy. klik move to end, centang create a copy. Lalu akan muncul tab baru lagi dengan nama layout2. Copykan sebanyak jumlah halaman yang ada pada gambar.

perintah untuk mencopy layout
Ulangi setting viewport (seperti langkah di atas barusan) untuk layout 2,3,4 dst.

Setting a100 tadi hanya berlaku untuk gambar dengan skala 1:100. Untuk skala yang lain, silakan buat sendiri. Misal untuk detail pondasi menggunakan 1:20, maka settingan di “add scala” adalah 1paper unit = 0,2 drawing unit.

hasil akhir copy-an layout

Setelah semua layout tersetting, klik layout1, klik kanan, select all layout.
atau cara lainnya, klik layout 1, tahan tombol shift, klik layout 14 (jadi seperti memilih file di explorer, shift untuk memilih file pertama sampai akhir pilihan, dan ctrl untuk memilih file tertentu).

Lalu publish selected layouts. Lalu muncul jendela seperti di bawah ini.
mem-plot semua layout
hilangkan centang publish in background, item ini gunanya agar sambil mengeplot, autocad juga masih dapat digunakan untuk menggambar lagi. Option ini membuat proses plotting jadi benar-benar lama, maka sebaiknya dikosongi saja.

 Konsekwensinya setelah diklik tombol publish, autocad tidak dapat digunakan untuk sementara sampai proses spoiling (pengumpulan berkas) selesai. Tapi biasanya proses ini tidak terlalu lama, selama spek computer  anda  masih manusiawi, saya rasa waiting time ikut manusiawi juga.

Sesaat kemudian akan muncul jendela PDFCreator, tekan saja tombol wait and collect.

mengumpulkan hasil plot dengan program pdf spoiler
Tunggu sesaat sampai semua document terkumpulkan dengan lengkap.
cara menggabungkan agar semua gambar menjadi 1 file pdf
Cek semua layout nya, apakah ada yang terlewat atau urutannya tidak benar. Ada kalanya urutannya menjadi kacau, jika sepeti ini gunakan perintah move up/ move down (lingkaran merah besar).

Setelah yakin benar urutan dan jumlah layoutnya, click tombol combine all, kemudian computer akan bekerja untuk sesaat, dan muncullah 1 layout baru dengan ukuran yang gede dan tambahan 1 pada file namenya.
kemudian tekan tombol print > save dan arahkan ke folder yang di inginkan.

Posted on 12/04/2012 06:16:00 PM by Unknown

No comments